BSP 33 For Operation

Awal September lalu, saya mengikuti Banking Staff Program (BSP) 33 for Operation. BSP adalah pelatihan dasar yang wajib diikuti pegawai –organik- baru di BSM dan BSP menjadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian pengangkatan sebagai pegawai tetap. Sesuai namanya ‘for operation’, pelatihan ini khusus untuk orang-orang balik layar alias bagian operasional. BSP dibagi sesuai bidang pekerjaan, ada BSP khusus frontliner, BSP untuk marketing, dll. BSP for operation ini kalah sering dibanding BSP for frontliner. BSP untuk CS dan teller biasanya ada di setiap 3 bulan sekali. Kalau untuk operation akan lebih jauh rentang waktu pelaksanaannya.

20140910_203517

                               My pic

Continue reading

Waktu

Waktu memang terus berganti. Waktu memang terus ‘berjalan’, tanpa lelah, tanpa henti, karena waktu memang tidak tahu dengan lelah dan henti.

Masa itu memang tidak lama. Pertemuan yang tidak direncanakan. Perkenalan yang tidak pernah terpikirkan. Pun perpisahan yang harus dihadapi. Tentu hanya Allah yang tahu apa yang baik bagi hambaNya. Dia mempertemukan, mendekatkan, menjauhkan, dan memisahkan. HambaNya cukup menjalani dengan sebaik-baiknya, agar hikmah itu dipahami hambaNya.

Masa itu memang harus dijalani dengan baik. Mereka berusaha menjalaninya, menjadikan semuanya sebagai pembelajaran. Mereka dipertemukan, dikenalkan. Mereka berteman dengan baik. Masalah-masalah yang muncul di antara mereka, harus mereka akrabi. Saling peduli, itu memang nilai pertemanan. Saat jenuh, mereka akan menjauh dahulu. Mereka akan kembali setelahnya. Namun, saat masing-masingnya menyendiri, kadang mereka dipertemukan secara tidak sengaja, di keramaian dan kesunyian.

Masa perpisahan yang harus terjadi. Senyuman yang sarat kesedihan. Lambaian tangan yang dipaksakan. Berusaha menerima keniscayaan. Mereka tidak –akan- seperti dahulu lagi. Mereka mempunyai kehidupan lain yang mungkin lebih pasti. Segan, malu, takut, mereka di sana.

Hai teman-teman, bagaimana kalian di sana??

LIMA BELAS

Pekan ini ada dua yang berulang tahun dan ulang tahun ke-15 ; Bank Syariah Mandiri di tanggal 2 November dan Asosiasi Pelajar Islam (ASSALAM) Sumatera Barat tanggal 27 Oktober. Tema HUT BSM tahun ini ialah Bersyukur dan Berbagi, sementara ASSALAM Sumbar ialah Pelangi Indah Dakwah Sekolah. Insan BSM memperingati hari jadinya dengan mengadakan tasyakuran dan pemberian santunan kepada anak yatim/dhuafa yang serentak diadakan se-Indonesia.

ASSALAM's pic

                            ASSALAM’s pic

Ada kesamaan pada keberadaan BSM dan ASSALAM Sumbar. BSM ada sebagai bank syariah dengan mimpi insan BSM yaitu For Noble Civilization (Untuk Peradaban Mulia). ASSALAM Sumbar dibentuk atas cita-cita mulia para pelajar Islam di Sumbar agar para pemuda dapat menjadi generasi penerus terbaik dengan pemahaman agama dan kesadaran sosial terbaiknya.

Tasyakuran Milad BSM ke-15

            Tasyakuran Milad BSM ke-15

Continue reading

Urang Awak

Tadi JustAlvin temanya Ambo Urang Awak dengan menghadirkan beberapa artis yang berasal dari Minang. Kalau ingat kata ‘awak’, saya langsung ingat dulu saat awal-awal di Malaysia, saat sedang berbincang dengan teman Malay, jadinya miskomunikasi karena kata ‘awak’ di sana artinya ‘kamu’, bukan ‘saya’ seperti penggunaannya di bahasa Minang. Walau tidak begitu lama menjadi orang Minang yang merantau di Malay, ada beberapa hal yang saya ingat. Umumnya vocal bicara dan intonasi orang Minang mudah ditebak, ya iyalaah..tiap daerah juga gituu... Maksud saya, pengucapan huruf vokal orang Minang lebih all out, hehe…saya gak tahu istilahnya gimana. Continue reading

Topik –yang mulai agak- Rutin

Akhir-akhir ini banyak yang bertanya dan mengajak saya bicara tentang topik yang sama; nikah, keluarga. Seringnya di mana lagi kalau bukan di kantor. Pembicaraan ini umumnya diawali oleh Bapak-Bapak atau yang Abang-abang.

Bapak A : Umur Suci berapa?? Naah, 22 itu udah waktunya..memangnya kapan target nikah?

B : Kriterianya Suci yang kayak gimana?? Apa harus hafidz sekian juz?

atau … ”Abang ada kenalan, dia kerja di xxx, mau dikenalin gak?”,

dan “Jangan pilih-pilih ya Ci, istikharah kalau ada yang ‘datang”,

“Apa udah ada yang ‘datang’??”

“Ci udah ada yang ngelamar gak??”

hingga “kalau ada yang ‘datang’ ngelamar Ci, gimana??”.

Respon?

Ya, senyum dan menjawab sebisanya.

Topik yang tidak mudah dikaji!

 

Pekerjaan

Kali ini tentang pekerjaan. Saya dan Uda (abang kandung) bekerja di perusahaan yang sama tapi tidak sekantor. Uda di Sentul, Saya di Padang. Satu dua orang yang tahu kalau kami bekerja di perusahaan yang sama, akan berkomentar kira-kira seperti ini : sama ya?? Kok bisa? Suci masuk kerja karena ‘dibantuin’ Uda ya??

Reaksi saya ya tertawa, lucu karena ada yang berpikir begitu. Continue reading

Kabar

Hai, temans!

Apa kabar?

Lama saya tidak posting tulisan di WP. Saya berharap kalau ini bukan karena saya sudah bosan menulis. Ini hanya tentang waktu alasaan, ngeles.

Selama bulan terakhir, ada beberapa orang yang menghubungi saya; sms, pesan di facebook, WA, dll. Mereka bertanya tentang jilbab two tone jualan saya apakah masih ada dan tentang informasi terkait program dual degree UNP. Jadi, saya akan tuliskan di sini, semoga ada yang membaca dan dapat membantu Anda yang sedang mencari informasi terkait.

Jualan jilbab saya yang segiempat katun linen two tone bolak-balik seperti di postingan ini atau ini alhamdulillah sudah habis. Ada sih sisa 1 warna hijau muda dan hijau tua tapi yang ini karena kurang bagus, jadinya belum ada yang beli, hehe. Jilbab yang tinggal 1 ini rencananya tidak akan saya jual, pun untuk saya pakai. Saya sekarang jualan jilbab segiempat bahan kalipso dan wolvis, 115cm, adem, mudah dibentuk, tidak transparan, harganya Rp 45000. Saya juga jualan jilbab bahan double hicon, 115cm, adem, juga mudah dibentuk, harganya Rp 25000. Jilbab bahan double hicon ini tidak transparan untuk Anda yang memakai jilbab ukuran standar (tidak jilbab lebar)Kalau Anda berjilbab lebar (panjang), Anda harus menggunakan jilbab lapis (jilbab dalaman) agar tidak transparan. *Saya sedang tidak bisa post foto bahan jilbabnya, maaf :) . Jualan saya lainnya? Ada lagi sih..

Nah, mengenai program dual degree UNP-UUM yang di blog ini ada beberapa postingannya, beberapa yang menghubungi saya umumnya punya pertanyaan yang sama; gimana kuliahnya, uang kuliahnya berapa, harus pintar bahasa Inggris?. Anda yang sedang mencari informasi tentang DuDe UNP-UUM, informasi terbaru dan terlengkap mengenai pendaftarannya bisa didapatkan dengan langsung datang ke Fakultas Ekonomi UNP atau visit website UNP tentang pendaftaran DuDe 2014/2015 di sini atau ada juga di koran lokal (biasanya diiklankan oleh FE UNP di koran lokal).

Baiklah, terima kasih kepada Anda yang telah membaca tulisan-tulisan saya di blog ini, baik karena nyasar atau karena memang sengaja berkunjung :)

Semangaat siang dan selamaat beribadah ramadhan!