Posted in penaku

Tentang Seorang Teman…

Allah mempertemukan kami, Allah Maha Besar! Dia memberi pembelajaran dari ciptaanNya. Dan kini, seorang teman memberikan pembelajaran yang berbeda. Dia memberi canda, tawa. Dia membuat temannya ini menangis dengan indah. Dia menebar kasih sayang dengan caranya sendiri, cara yang tampak tak dipahami orang-orang di sekitarnya.

Pada awal pertemuan, ia sangat ceria. Wajahnya yang teduh dan kata-kata yang terucap seolah menyihir orang lain bahwa perasaan hatinya mungkin saja tidak seceria itu. Namun secara lahir, Ia kalah cantik dari yang lain. Secara fisik, ia bisa dibilang hanya sebatas biasa saja. Tampak dari luar bahwa Ia biasa saja. Lagi-lagi gambaran fisik yang tampak langsung, Ia sangat biasa.

Hei….mari pelajari tentang sifatnya!
Hati-hati jika Anda bertemu dengannya! Ia tahu banyak hal. Ia hebat memasak, jadi jika Anda makan dengannya, maka ia mampu menebak bumbu apa saja yang ada dalam makanan itu. Dengan melihat beberapa saat, Ia tahu bagaimana proses pembuatan dan seolah memberi masukan pada teman makannya tentang makanan itu agar lebih nikmat. Silakan cicip masakannya, uiih, Anda akan merasakan masakan tanpa bumbu nonalami namun sangat enak. Kue, gorengan, gulai, dll membuat orang lain luluh dan merasa mencintainya. Dan Ia punya rahasia atas semua itu.

Anda harus waspada jika bersamanya! Ia orang yang kreatif. Berbagai jenis keterampilan telah dibuatnya. Ia pernah menyulap besi-besi bekas lemari pakaian temannya menjadi rak buku mini nan manis. Ia memberdayakan kotak-kotak tak terpakai dan menjadikan kotak itu bisa dipakai lagi. Hingga jika melihat barang-barang unik di mana saja, tangannya gatal ingin segera mencoba membuat juga, dan ia mengusahakan itu.

Anda akan sangat segan dengannya jika Anda adalah orang yang suka curhat, apalagi jika bertemu dengannya. Jika Anda curhat dengannya tentang orang tua yang marah pada Anda, Ia berkata dalam hatinya bahwa Anda lebih beruntung masih bisa bertemu orang tua, namun Ia?? Jika Anda curhat dengannya bahwa Anda sedang jatuh cinta atau hubungan Anda dengan pacar Anda sedang tidak baik, Ia berbisik dalam hati bahwa Ia berhasil melewati masa-masa ketika Ia menyukai temannya, namun Ia tetap berusaha menjaga hatinya agar tidak memulai hubungan yang belum diperbolehkan Allahnya. JIka Anda curhat tentang betapa malangnya Anda karena Anda sedang tidak punya uang, Ia berpikir bahwa Ia sering tidak punya uang, bahkan untuk ke kota dalam mendaftar kuliah dulu Ia mengutang. Dan, jika Anda bercerita tentang betapa bahagianya Anda karena ini itu, maka ia tetap tersenyum dan mengapresiasi kebahagiaan Anda namun tidak menampakkan kesedihannya akan keterbatasannya hingga tidak mampu mendapatkan apa yang Anda dapatkan. Dan, jika banyak jenis kesedihan lainnya yang Anda rasakan, mungkin kesedihannyalah yang amat berat namun tidak dilihatkannya. Semua dibalutnya dalam kiasan-kiasan kata.

Ooh, ada yang terlupa. Jangan kaget kalau melihat kamar wisma(kos)nya sangat rapi, asri, dan nyaman. Ia adalah muslimah yang sangat rapi dan bersih. Anda bisa malu jika melihat kelihaiannya dalam membersihkan ini itu, dan mungkin Ia lebih teliti dari Anda.

Ia hanya manusia biasa yang terbiasa tidak menceritakan masalahnya pada banyak orang. Ia hanya manusia biasa yang bahkan terzolimi oleh saudaranya sendiri karena dari luar ia terlihat aman-aman saja. Ia hanya manusia biasa yang juga bisa menangis, namun ketika tidak banyak orang di dekatnya. Ia terlihat tidak memiliki kesedihan dan masalah apa-apa karena ia terlihat sangat biasa.

Ia hanya makhluk lemah yang dalam kesendiriannya acap kali berbicara sendiri dalam hati bahwa Ia hanya bisa belajar atas apa yang telah terjadi selama ini dengan dirinya. Ia lihai mencari hikmah atas semua peristiwa, hatinya berusaha terus kuat jika tergoda dengan kesenangan dunia yang Ia tahu hanya sementara. Ia sering menjadi pendengar yang baik dan pemerhati yang teliti di depan teman-temannya. Dan, Ia sangat sulit bercerita tentang dirinya jika situasi tidak tepat dan jika ia merasa tidak nyaman bercerita dengan Anda.

Lagi, ia juga punya kekurangan dan kealpaan sebagai manusia biasa. Namun Ia mampu bertahan dari rintiknya hujan, derasnya aliran air, badai dan petir ganas, karena pondasi hatinya yang telah kuat, yang Ia dapatkan dari TARBIYAH! Dari Allah melalui TARBIYAH, Ia menjadi lebih kuat. Dari Allah melalui TARBIYAH, Ia punya kelompok tempat berbagi ilmu. Dari Allah melalui TARBIYAH, Ia kenal dan belajar banyak di ASSALAM Sumbar. Dari Allah melalui TARBIYAH, Aku mengenalnya. Ya, Aku mengenalnya walau tempat asal kami berjauhan. Aku mengenalnya walau tidak berada dalam satu kelompok ilmu.

Dan, Aku banyak, sangat banyak belajar darinya. Dan, doa serta harapan untuk yang terbaik baginya selalu terucap. Perkataan Allah tentang tidak beriman kita jika tidak diuji, selalu terpatri dalam dirinya. Perkataan Allah bahwa cobaan tidak akan diberikan pada yang tidak mampu mendapatkannya, sangat diingatnya.

Ukhty, Ku banyak belajar darimu. Jazakillah khairan katsir atas semua pembelajaran itu
Ukhty, jika engkau membaca tulisan ini, maafkan Aku karena telah menceritakanmu di sini.

4 thoughts on “Tentang Seorang Teman…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s