Posted in penaku

Penggemuk

Hehe…pernahkah kata itu, terlintas dipikiran Anda? Apa tanggapan Anda tentang kata itu? Kata itu dipakai dalam situasi yang bagaimana??

Kalau dengan kata ‘pengurus’, sudah akrabkah Anda dengannya?

Naah, jika berbincang dengan teman dan ingin berintermezo sedikit, Saya bilang bahwa kami ini bukan pengurus, tapi penggemuk. Karena kalau kami pengurus, berarti kami kurus-kurus. Kalau kami pengurus, maka leluconnya adalah organisasi nanti akan jadi kurus di segala hal (kaderisasi, dana, dll). Jadi, kami akan tertawa sebentar jika menyebut diri kami sebagai penggemuk, bukan pengurus. Kami ingin organisasi kami bertambah ‘gemuk’ di segi yang positif tentunya. Meski kami tahu, pengurus dan penggemuk tidak bisa disandingkan karena maknanya tidak berlawanan seperti yang kami kira.

Pengurus berasal dari kata dasar URUS, bukan KURUS. Urus adalah kata kerja sedangkan KURUS adalah kata sifat. Kalau KURUS ditambah imbuhan pe- di depannya, maka bukan menjadi Pengurus, tapi PENGKURUS. Ops, ingat bahwa kata yang huruf awalnya KTSP akan melebur dengan imbuhan sebelumnya, tapi ingat lagi bahwa huruf awal itu akan melebur  jika kata itu adalah KATA BENDA, bukan kata sifat. So, apa artinya PENGKURUS?

Penggemuk berasal dari kata GEMUK.  Gemuk adalah kata sifat, bukan kata kerja. Apa artinya PENGGEMUK?

Finally, lagi-lagi kata Pengurus tidak bisa bersanding dengan kata Penggemuk karena dari kata dasarnya saja berbeda jenis.

Dan, semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s