Posted in unp

Briefly review : SI

Alhamdulillaah…perjalanan selama 10 hari (tanggal 17-28 September 2010) dalam acara Studi Ilmiah (SI) yang diadakan Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian (PPIPM) UNP berjalan lancar. Sangat banyak pembelajaran yang kami dapatkan. Benar, sungguh…Berikut catatan singkat perjalanan SI (ini hanya sebagian aktivitas, tentang pembelajaran yang didapat, insya Allah di tulisan selanjutnya) :

Hari pertama : Sabtu, 17 September 2010
Actually, this is a historic (is it appropriate?) day for my MR. Kami, 44 orang (jadinya 46 karena ada dua senior yang bergabung dengan rombongan saat di perjalanan) berangkat pukul 10.30 dari UNP yang sebelumnya dilepas oleh Bapak PR 3, Ibu Pembina, dan senior-senior PPIPM. Dan, we went to Jakarta…

Hari kedua : Minggu, 18 September 2010
Pagi di lahat, malam sampai di Bakauheni. Kami masih di dalam bus UNP yang semalam dilempari bajing loncat. Dua bis lorena juga harus terima pecahnya kaca mobil mereka. Untuk sementara, bagian yang pecah ditutupi dengan plastik.

 

Hari ketiga : Senin, 19 September 2010
Subuh di Jakarta. Tapi sholat subuhnya di mesjid Ukhuwah islamiah UI (we got stuck). Mengapa ke UI pagi-pagi sekali? Karena sudah janji dengan pj penginapan kami untuk bertemu di UI sebelum diantarkan ke penginapan. Penginapannya di graha cita insani. Setelah bersih-bersih, we went to UI. Siang, pukul 14.00, kami bertemu dengan jajaran BEM UI, presentasi dan diskusi. Setelah ashar, bertemu UKM Eka Prasetya di sekre mereka. Pertemuan yang cukup hangat. Setelah itu? Kami sholat maghrib di mesjid Ukhuwah Islamiah. Suasana yang tidak kalah ramai dibanding siang, karena mereka ada kelas malam. Ci dan Husnil membayangkan, mungkin situasinya tidak jauh berbeda saat kami di Malaysia nanti. Sangat banyak yang bisa kami dapatkan dari pertemuan ini.

Hari keempat : Selasa, 20 September 2010
Still in Depok. Kami ke UI lagi karena kakak-kakak panitia SI mengurus administrasi ke rektorat UI. And, we didn’t forget to took some pictures there….after that, we went to mesjid Kubah Emas, mesjid kebanggan warga Depok. Makan siang, sholat, dan foto-foto lagi. Then, we went to TMII, keliling dan naik sky lift. Sorenya, kami keliling Jakpus hingga ke Monas. And…..Bogor tujuan kami selanjutnya.

Hari kelima : Rabu, 21 September 2010
Subuh di puncak. Saat sampai di Bogor, we got stuck. Saat sampai di IPB, kami disambut IPMM (Ikatan Pelajar Mahasiswa Minang) Bogor. Kami diantar ke penginapan mahasiswa Internasional (kami menginap di sana, karena belum semua kamar digunakan). Kami dikejar waktu, bersih-bersih dan langsung ke Student Center. Ooh, sambutan yang hangat. Beberapa Bapak Ibu dosen (yang concern di bidang pengembangan ilmiah mahasiswa), pengurus BEM, FORCES, dan IPMM, menyambut kami. Acara dimulai. Diskusi berlangsung hingga sore. Menyenangkan, apalagi ketika di forum diskusi dengan FORCES. Eeiit…malamnya juga ada acara penampilan Seni daerah. Acaranya di lantai 1 gedung rektorat IPB. Ada Bapak Pembantu Rektor, beberapa Bapak Ibu dosen, BEM, FORCES, IPMM, mahasiswa paduan suara IPB (maaf, Ci lupa namanya, lupa catat yang ini), mahasiswa IPB yang sempat di KDI (maaf, Ci lupa juga). Penampilan tarian Minang, tarian dari Jabar, nyanyian, dan penampilan dari tim paduan suara membuat seakan rasa panek kami hilang.

Hari keenam : Kamis, 22 September 2010
Masih ada acara di IPB, ada pertemuan dengan IPMM. Acara di Bogor berakhir dengan makan siang di sekre IPMM (dekat IPB) dan berfoto bersama. Beberapa dari kami membawa pulang horta dan Pottynya IPB. Perjalanan kami lanjutkan ke….Yogya!

Hari ketujuh : Jum’at, 23 September 2010
Waktu yang kasib, di hotel Dirgahayu (kabarnya hotel tertua di Yogya) harus segera bersih-bersih dan langsung ke UGM. Sekitar pukul 09.45 dimulai acara diskusi dengan Gama Cendikia di gelanggang mahasiswa, ruang sidang 3. Pukul 13.30, kami sudah di ruangan pertemuan UNY. Kami pun memulai diskusi dengan UKM Penelitian UNY. Semoga dengan prestasi UNY yang sangat banyak (diberi tahu saat presentasi UKM Penelitian UNY) bisa ‘melecut’ UNP untuk lebih berprestasi. Mahasiswa UNP, maksudnya (termasuk Ci). Malamnya, kami ke Malioboro, belanja….

Hari kedelapan : Sabtu, 24 September 2010
Paginya ke Malioboro lagi, sebentar. Lalu, kami ke Candi Borobudur. Sebelumnya kami beli oleh-oleh di toko pusat oleh-oleh di Yogya. Hingga maghrib di Borobudur, kami lanjutnya perjalanan, tepatnya perjalanan pulang. Eeh, dapat kabar bahwa besok mampir di Bandung sebentar.

Hari kesembilan : Minggu, 25 September 2010
Melewati banyak daerah. Tasikmalaya, Garut, dll. Kami di Bandung sampai siang. Setelah itu, perjalanan pulang berlanjut…sore di Jakarta, malam di kapal. Kapal kali ini lebih bersih dibanding kapal yang kami tumpangi waktu perjalanan ke Merak.

Hari kesepuluh : Senin, 26 September 2010
On the way…

Hari kesebelas : Selasa, 27 September 2010
Pukul 09.30 sampai di UNP, alhamdulillaah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s