Posted in penaku

Sedikit Kenangan tentang Pajak, hehe..

Berperanlah serta memajukan negara

Membayar pajak

Untuk peduli

Pada negara

(Jingle Pajak)

 

Ci lupa-lupa ingat bagian reff Jingle Pajak ini. Jingle ini dinyanyikan bersama berulang kali dalam acara Roadshow Pajak yang khusus untuk pelajar SMA/SMK/MA. Tepatnya, acara ini hanya mengundang beberapa sekolah, tidak sampai 20 sekolah, itu untuk kota Padang. Belum tahu di kota lain.

Tidak tahu tahun berapa awalnya Dirjen Pajak membuat acara khusus pelajar untuk sosialisasi pajak (mungkin ada di laman dirjen pajak, silakan lihat). Pastinya, acara ini setiap tahun diadakan. Tahun 2007 (karena Ci mengikuti), bertempat di Gedung Rohana Kudus, Padang, kurang dari 10 SMA sederajat diundang dan menghadiri talkshow pajak ini, tak terkecuali MAN 2 Padang, selebihnya SMA. Saat itu, tiap sekolah diminta untuk menghadirkan, kalau tidak salah, 20 siswa. Kami dari MAN 2 Padang, diutus pengurus OSIS oleh sekolah. Saat sampai tempat acara, kami diberi baju kaos berwarna kuning berlogo pajak dan jargon. Agak lucu juga, saat itu hari kamis dan kami harus pakai baju kuning. Coklat-kuning, bagaimana?

Kami langsung diminta duduk di kursi khusus persekolah. Kami dapat bagian di tengah-tengah. Saat akan duduk, kami sudah melihat ada kit dan snack. Sembari menunggu acara dimulai, Ci baca-baca beberapa buku kecil di dalam paket kit, mulai dari pengertian pajak,  UU Perpajakan, guna pajak, hingga jingle pajak.

Acara berlangsung tidak monoton, malah sangat cair karena hostnya kocak. Ternyata banyak doorprize yang diberikan. Peserta juga bisa dapat doorprize jika mendapatkan penilaian tertinggi dalam membuat kesan pesan tentang acara ini. Ternyata, di bawah kursi kami, bagi yang beruntung, ada kertas yang berisi keyword doorprize. Pastinya, acara sosialisasi pajak saat itu cukup menyenangkan.

Ada lagi, tahun 2009. Tahun 2008 mungkin ada, tapi sepertinya dari MAN 2 tidak datang (atau tidak diundang?). Format acara talkshow pajak tahun ini berbeda karena ada lomba menyanyikan jingle pajak perkelompok tiap sekolah dan lomba karikatur. Pihak penyelenggara mengundang, kalau tidak salah lagi, sekitar 10 sekolah. Kami diberi baju kaos hitam, berlogo dan ada jargonnya. Acaranya diadakan di gedung bagindo Azis Chan. Setelah pengarahan tentang pajak, dimulailah lomba menyanyikan jingle pajak. SMA DB dengan kelompok paduan suara, MAN 2 dengan tim nasyid yang memukau (bela sekolah). Beberapa sekolah lain seperti SMA 10, SMA Adabiyah, SMA 2, dan..lupa. penampilan tim masing-masing sekolah bagus-bagus, tapi dari semuanya bisa kelihatan dan diprediksi kalau SMA DB dan MAN 2 yang akan menang. Dan, memang. Juara 1 SMA DB, juara 2 MAN 2. Lomba karikaturnya apa kabar? MAN 2 tidak menang, tak apa-apa. Saat waktunya hiburan, peserta yang mau tampil boleh naik panggung. Maka tampillah beberapa sekolah untuk menyanyi. Salah satu yang lucu adalah, saat tim nasyid MAN 2 menyanyi dengan sedikit koreografi dan improvisasi, siswa SMA lain yang duduk di depan pada lebay teriak-teriak seperti lihat penyanyi idolanya tampil. Mereka bersama-sama menirukan gerakan tangan tim nasyid, teriak-teriak, dan lari-lari ke depan panggung sambil bawa bunga untuk para vokalis nasyid.

Cerita tadi hanya sedikit hal yang menyenangkan (bagi Ci). Mungkin banyak cerita yang lebih menyenangkan lagi di tempat lain. 2 tahun terakhir ini sepertinya talkshow pajak ditambah dengan lomba basket (lihat iklannya di jalan). Tentunya dirjen pajak punya tujuan mulia terhadap acara khusus pelajar ini. Hal yang Ci tangkap adalah, agar pelajar tahu dan paham tentang pajak, menjadi pribadi yang sadar pajak, menyosialisasikan kembali pada lingkungan sekitar, dan akhirnya taat pajak. Ini harus diimbangi dengan peningkatan kesadaran dan produktivitas para pegawai pajak dalam melayani masyarakat dan bekerja sesuai aturan. Sehingga tidak ada pegawai pajak yang menjadi mafia pajak, dll. Miris melihat dengan upaya dirjen pajak membuat acara roadshow pajak setiap tahun, tapi internal masih bermasalah, apalagi kasus Gayus yang sekarang masih panas-panasnya.

2 thoughts on “Sedikit Kenangan tentang Pajak, hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s