Posted in Me

CERITA CUTI (1)

Libur selama lebih dari 2 minggu ini penuh cerita. Local students hampir semuanya balik kampung (dan balik bandar, hehe). There are some chineses who didn’t go back and stayed in DPP. Somalia’s and other middle east students also didn’t. Indonesia’s students? Some of them back to Indonesia, the others didn’t. I wasn’t back. I wanna share…

Hari ketiga (hari Sumpah Pemuda) – Hari keenam

We went to KJRI Penang. Sigit dan teman-teman, bersepuluh, mereka sewa mobil. Mereka pergi 3 mobil, di mobil yang satu lagi ada beberapa senior. Husnil dan Ci berangkat by bus. Kenapa? Pertama, kami memang sudah merencanakan untuk nginap beberapa hari di Penang, di tempat kak Dede dan kak Lia yang ambil master di USM. Kedua, kalau kami bareng teman-teman dan sewa mobil 1 lagi, kemahalan untuk beberapa hari di Penang. Lagian kami berdua juga gak bisa numpang ke teman-teman yang pakai mobil, soalnya sudah pas, hehe..

Husnil dan Ci berangkat pukul 7.30 karena Maraliner pertama yang masuk kampus ya jam segitu. Kami tunggu di bus stop depan blok A DPP Ci. Alhamdulillah, ada Maraliner (sebelum cuti ada senior yang bilang kalau Mara gak masuk pas cuti). Penumpang pertamanya ya kami, karena Maralinernya belok kiri pas baru masuk gerbang, jadi lewat Masjid Sultan Badlishah dahulu dan langsung sampai EON. Lepas tu, alhamdulillah ada students juga yang nak balik bertiga. Pemberhentian terakhir Maraliner di Shahab Perdana, Alor Star (stasiun bus).

Perjalanan UUM-Alor Star memakan waktu 1 jam. Saat turun bus, kami langsung beli tiket bus ekspres ke Butterworth (tepi pantai, tempat naik feri ke Pulau Penang). Saat di perjalanan, there was an accident (ada di postingan sebelumnya). Kami akhirnya sampai di Butterworth lebih lama, sekitar pukul 11.30an. kami langsung jalan ke tempat tunggu untuk naik feri. Eeits.., sebelumnya ganti uang dulu jadi koin, karena naik feri harus masukkkan uang koin RM 1.20 ke mesin otomatisnya. Tunggu dan naik, alhamdulillah perjalanan kami selama lebih kurang 15 menitan mulus sampai Jetty (tempat turun dari feri dan langsung ada stasiun rapid Penang). Kami tanya information counter tentang nomor rapid ke KJRI Penang. Sebenarnya naik rapid 403 bisa, kami tahu dari Kak Fani (kakak dari Bandung). kami naik yang 101 karena rapid 403 di belakang, masih lama nunggu jalan. Kami bayar RM 1.40 sampai ke Adventist Hospital di sebelah KJRI. Sampai di KJRI, kami tanya sana sini, dan KJRIpun tutup sebentar untuk istirahat sampai pukul 15.00. kami cari makan dan istirahat di mall seberang Adventist Hospital lupa nama mallnya. Then, kami balik lagi ke KJRI dan mengisi formulir pindah alamat. Sebenarnya bisa sehari, tapi karena Pak Konsulatnya sedang gak di tempat, kami baru bisa ambil hari Senin, alhamdulillah kami memang sudah rencana nginap. Pegawainya bilang, kenapa gak titip sama teman-teman yang tadi, mereka sudah selesai dalam beberapa jam saja karena Pak Konsulat ada. Sudahlah, sudah lewat ya lebih baik gak dipertanyakan dan disesali lagi, hehe..

Setelah urusan selesai di KJRI, kami ke USM. Sebenarnya dari KJRI ke USM bisa sekali bus, karena kalau dari Komtar ke USM memang lewat KJRI kalau naik rapid 301 yang cuma lewat USM Sungai Dua (USM depan, bagian gerbang). Tapi kalau mau turun di USM Bukit Gambir (gerbang belakangnya, yang bisa langsung ke Desasiswa luar kampus), kena naik rapid 303. So, dari Komtar ke USM Sungai dua, kami kena bayar RM 2.00. alhamdulillah, kami dapat kursi di belakang (bagian depan untuk yang kurang upaya) karena jauh juga dari Komtar ke USM, bisa tidur dulu baru sampai. Setelah sampai, kami langsung ke masjid USM (dekat gerbang), bertemu kak Dede dan kak Lia. Kami lanjut ke kamar dan bersih-bersih. Malamnya kak Lia dan Ci beli makan malam di kantin. Kami makan pecel ayam (kak dede waktu itu makan apa ya? Mie-mie gitu..).

Esoknya, husnil dan Ci ke masjid terapung sebelum Batu Feringgi. Trus, kami keliling Komtar. Komtar ini stasiun bus yang di sekeliling dan di atasnya ada kompleks Mall, ada 1st Avenue Mall. Pusing juga mengelilingi Mall besar ini. Ci foto-foto husnil minta difoto, hehe... Kami keluar masuk toko (gak belipun, hihi), lihat-lihat buku, barang-barang unik, dll. Sebelumnya, kami cari makan siang. Kami naik dari kompleks pertokoan (bukan dari Mallnya). Eeh..baru mau naik tangga, kami lihat ada tempat makan yang menyediakan masakan Melayu dan Padang. Ya udah, kami makan di sana, soalnya kangen. Ibu dan Bapaknya baik, orang Jawa. Makanannya juga relatif lebih murah.

Kami jalan sana sini, lihat digicam, aksesoris laptop, stationaries, buku, dll. Capek. Tak terasa, sudah sore. Kami turun dan cari free shuttle bus yang keliling George Town. Kami tahu dari peta wisata Penang yang kami pegang. Kami naik dan penumpangnya padat juga, ada tourists, ada masyarakat setempat. Kami turun di Lebuh Light. Di sana ada 5 tempat wisata, seperti yang tertera di peta wisata. Tempat-tempat ini di tepi pantai, jadi kami menyelesaikan jalan-jalan hari itu di tepi pantai. Di sana juga sedang ada kampanye antinarkoba, ada bus yang di dalamnya ada mini pameran gitu. Kami masuk dan lihat macam-macam drugs. Setelah puas jalan dan menikmati keindahan laut, kami balik ke komtar naik bus gratis lagi (alhamdulillaah..hehe). kamipun balik ke USM, istirahat…

Esoknya, kami ke Queensbay Mall, keliling-keliling pakai rapid, dan berakhir di PC Fair. Husnil beli printer. Ci? Ada deeh..

Esoknya lagi, kami ke KJRI sekaligus pamit ke kak Dede dan kak Lia. Setelah dari KJRI, kami ke Jetty dan pulang ke Sintok, Kedah. Alhamdulillaah…

Naah, walaupun belum tahu banyak, Ci sedikit mau berkongsi tips jalan-jalan ke Penang ala students dengan dana yang agak pas-pasan (tentunya dari UUM, karena ci baru tahunya segitu):

  1. Saat merencanakan mau ke Penang, cari tahu info sebanyak-banyaknya sampai kita merasa yakin mau jalan-jalan ke sana. Info tentang transportasi ke sana (pakai apa, berapa lama, dan berapa bayar), info tempat wisata, info penginapan (yang murah dan mahal), info wisata, info tempat dapatkan peta wisata dan peta makanan), info sikon di sana kalau untuk turis yang baru ke sana, dll yang dirasa perlu.
  2. Tempat wisata di Penang menurut peta wisata ada lebih dari 60 tempat se Penang. Kalau George Town ada 32 tempat. Kalau waktunya mepet, pilih sesuai kondisimu. Kalau mau ke Batu Feringgi padahal waktunya mepet, lebih baik gak, karena lama di jalan dan mungkin sampai sana sudah capek dan bisa aja gak puas jalan-jalannya.
  3. Jalan-jalan dari UUM atau semenanjung kalau naik transportasi umum gak bisa sehari pulang balik, harus nginap. Contohnya, walaupun berangkat subuh dari UUM (dan subuh belum ada bus), kecil kemungkinan bisa pulang malamnya karena Maraliner terakhir yang ke UUM itu pukul 19.45. HBR juga sekitar jam segitu terakhir jalan. pilihan terakhir di Shabab Perdana ya taksi atau kereta sapu dan akan dikenakan tarif agak mahal. 1 mobil RM 50-60. Untuk ngejar Maraliner, kadang di luar kemampuan kita karena sore di beberapa titik di Penang sudah macet. Apalagi bus ke Butterworth kadang jalannya santai, gak ngebut. So, baiknya bermalam.
  4. Kalau belum mau ke Penang Island, ke Penang yang di Semenanjung aja. Ada Bukit Mertajam dan banyak juga tempat wisata di sana. Di sana pakai rapid juga.
  5. Kalau mau berpetualang mandiri, ya gak sama teman yang sudah tahu atau sudah pernah ke Penang. Kalau mau jalan-jalannya cepat tepat dapat, ya sama teman yang sudah tahu Penang atau sama guide. Modal jalan-jalan mandiri ke Penang ya doa&tawakkal, niat, keberanian (ke tempat baru dan berani bertanya sana sini), peta wisata, gesit (bukan Pak Gesit, hehe), dan tentunya uang. Hehe..
  6. Peta wisata bisa didapat di komtar. Naah..dari jetty pergi ke komtar (semua rapid ke komtar dulu kok..). masuk ke dalam pemberhentian bus, cari ATM Maybank, ntar kelihatan ada banyak ATM Maybank. Di sebelahnya ada entrance ke pertokoan komtar. Lihat di tengah-tengah entrance, ada pajangan tempat ambil peta wisata dan peta kuliner gratis. Petanya juga bisa didapat di Mall 1st Avenue (kompleks komtar juga), Penang Hill (bukit bendera) dan beberapa tempat wisata lainnya.
  7. Kalau memang belum tahu jalannya ke mana-mana aja, baiknya jangan pakai mobil pribadi/sewa mobil kecuali (lagi2) kalau ditemani sama orang yang sudah tahu Penang atau guide. Kalau mau jalan mandiri, baiknya naik bus, karena pasti (insyaallah) sampai dan kita bisa tahu transportasinya gimana.
  8. Ada tempat wisata yang menetapkan kebijakan baru, ketika beli tiket masuk harus lihatkan IC Malaysia (KTPnya Malaysia). Kalau kita warga negara Malaysia, maka akan dapat tarif masuk yang murah (untuk ukuran kantong students). Kalau kita foreigner, kita harus bayar tarif internasional juga, jauh lebih mahal daripada yang local. Seperti di Penang Hill, local kena bayar RM 4 sahaja, internasional RM 30 = Rp 90.000! untuk Ci sih kemahalan, gak tahu untuk yang lain, murah kali ya…(hehe…silakan diakali kalau mau masuk juga).
  9. Untuk keliling George Town (ibukota Penang) dan keliling tempat wisata di George Town yang lebih dari 30 itu, naik free shuttle bus aja, gratis dan bisa turun di tiap tempat wisata. Tempat wisatanya umumnya berupa museum, hall, tempat ibadah (masjid, gereja, fort, temple, dll). eksotik, bagus untuk foto-foto..kata orang di sana, free shuttle busnya lewat 3 kali perjam. So, lumayan kan..
  10. Kalau mau beli oleh-oleh, di depan my dean di George Town aja. Ada seperti pasar tradisional gitu, menjual berbagai oleh-oleh mulai dari pakaian, aksesoris, dan makanan. boleh pilih..(ada yang tahu tempat lainnya? Share ya..)
  11. Naik rapid kena prepare yourself, yang paling penting sediakan uang kecil. Bawa banyak-banyak lembaran RM 1 dan koin, karena ongkosnya berkisar RM 1.40, RM 2.00, RM 2.70. uangnya kita masukkans sendiri ke tempat di sebelah driver dan gak ada kembalian uang. So, kalau ongkosnya RM 1.40 dan kita Cuma punya RM 2, ya itu yang dimasukkan dan gak ada kembalian. Kalau rapidnya jalan, jalannya kencang dan suka rem mendadak gitu. Jadi, kalau naik, cepat cari pegangan dan kalau berdiri harus pas, jadi gak jatuh kalau drivernya nge-gas atau rem mendadak. Tips lainnya nyusul kalau ada..terima kasiih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s