Posted in penaku

Proses

Proses, ya, proses. Belajar dan hikmah. Harus terus berusaha menguatkan hati untuk memahami semua hal sebagai proses pembelajaran untuk mendapatkan hikmah. Terlalu retorik bagi beberapa orang. Terkesan sulit untuk yang lain. Namun, mengapa sebagian yang lain bisa menancapkan keyakinan ini dengan kuat di hati dan pikiran mereka? Inilah modal mereka untuk menikmati setiap ritme kehidupan yang mereka jalani. Senang susah, sedih bahagia, mereka yakini ada hikmah dibaliknya. Tidak bisakah kita mencoba meyakini itu dengan perlahan?

Pada beberapa masalah yang pernah dan sedang saya hadapi, tingkat keoptimisan saya fluktuatif. tentu semangat dan pemahaman yang membuat tingkat optimisme ini naik turun. Sebelum ini, saya merasa telah melakukan yang terbaik dalam usaha saya menyelesaikan berbagai masalah. Tingkat optimisme dan keyakinan saya tentang hikmah itu standar dan beberapa kali tinggi. Lalu, saya yakin bahwa saya telah memulai usaha untuk melatih hati dan pikiran saya untuk menghadapi berbagai masalah. Saya merasa punya bekal untuk tidak begitu ‘terombang-ambing’ jika ada masalah yang lebih berat karena sudah mencoba sebelumnya. Ibarat tentara, sudah dilatih. Saya, lagi-lagi optimis bahwa jika nanti ada masalah lagi, saya akan lebih bijak menghadapinya.

In fact, hidup ini proses belajar. Setiap detik, kita akan dapatkan hal baru yang memberi makna berbeda dari apa yang telah kita dapat. Saya ternyata masih sangat ‘rentan’ dan masih kurang kuat dalam hadapi hal yang bagi saya itu berat. Itu menurut standar saya. Satu hal yang pasti, saya punya Allah untuk mengadu, berbagi, dan menguatkan hati.

Leave a Reply

