Posted in Pesantren Ramadhan

PeRan

PeRan, Pesantren RAmadhaN. Saya singkatkan juga menjadi PR. Satu dari beberapa program edukatif nan religius oleh Pemko Padang. Sudah 7 tahun PeRan dilaksanakan dengan beberapa konsep. Intinya, saat bulan ramadhan, belajar di sekolah diliburkan dan dialihkan ke rumah ibadah (masjid, gereja, wihara, dll). Program ini selalu dipantau dan dievaluasi oleh Pemko Padang. Jangan disangka program ini disetujui oleh semua golongan masyarakat. Ada pro kontra. Pro karena manfaatnya luar biasa. Manfaat jangka pendek berupa semakin pahamnya pelajar dan guru terhadap agama masing-masing. Para pelajar bisa menghafal juz’amma, belajar sholat yang benar, diberikan berbagai motivasi, dll. Manfaat jangka panjang yaitu bisa membentuk kepribadian dan karakter pelajar yang positif karena diberikan pembelajaran agama dan moral. Beberapa yang kontra juga punya pandangan dan alasan -yang menurut saya tidak kuat- namun nyatanya program ini masih terus berjalan.

Rindu suasana Ramadhan dan kesibukan di PeRan bersama teman-teman dan adek-adek sekitar rumah.

Mereka tidak hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan Bapak Ibu/kakak-kakak pengajar, tapi juga ‘bermain’ dan bergembira bersama.

Menyusun Sendal
Menyusun Sendal

Kesan pesan peserta

Pleasing!

Worthwhile!

Semoga bisa bertemu ramadhan selanjutnya, jika ajal belum memisahkan. Semoga bisa kembali merasakan indahnya ramadhan dan senangnya berbagi di PeRan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s