Posted in penaku

Inspirasi

Banyak penulis menyatakan bahwa cara untuk mendapatkan inspirasi menulis adalah dengan melihat persekitaran. How? Bisa dengan jalan-jalan, mengamati sekeliling, berdiskusi dengan teman, membaca, dan sebagainya. Memang benar! Saya bisa merasakan walau saya masih tergolong amatiran. Walaupun begitu, saya mencoba untuk terus menulis. Menuliskan apapun yang saya rasakan dan saat jari-jemari ini terasa ‘gatal’ untuk mengetik. Setahun belakangan, setidaknya sudah menuliskan beberapa tulisan setiap minggu. Ada yang saya posting di blog, ada juga yang tidak. Saya merasakan suatu dorongan kuat untuk terus menulis. Dorongan kuat itu ada karena masalah. Apa?

Masalah yang kita lihat dan kita hadapi, bisa menjadi inspirasi untuk menulis. Beberapa tulisan saya adalah dari masalah-masalah yang saya hadapi. Beberapa lainnya dari masalah yang teman saya hadapi, hehe. Ada juga tulisan tentang persekitaran yang saya lihat dan amati. Beberapa bulan terakhir, saya tidak sabar untuk segera menulis karena banyak masalah yang saya alami dan banyak keadaan yang harus saya lalui. Ini menarik karena salah satu hikmah dari masalah dan keadaan yang –mungkin saja- tidak mengenakkan adalah adanya dorongan kuat untuk menuliskan kondisi dan masalah itu. Maka, masalah, perasaan, dan pikiran-pikiran itu diejawantahkan dalam bentuk tulisan-tulisan. Hingga perasaan menjadi lebih lega dan pikiran menjadi lebih tenang karena sudah dituangkan dalam bentuk tulisan.
Jadi, tidak salah jika saat kita dalam keadaan sulit, menulis menjadi hal yang tidak begitu sulit karena menulis ialah salah satu cara untuk menuangkan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Inspirasi!

Leave a Reply

