Posted in Me, penaku

Tahun Akhir

Kami, DuDe 09, menjalani 2 semester terakhir sebelum wisuda di akhir 2013, insyaallaah. Banyak orang bilang kalau mahasiswa tahun akhir biasanya lebih sibuk karena harus mulai membuat skripsi, begitu kalau di Indonesia. Tentu kami juga akan sibuk dalam satu tahun terakhir ini. Semester ini ialah semester akhir kami di UUM. Semester depan giliran semester akhir di UNP. Sibuk dan banyak target, kah? Ya!

Begini gambarannya. Semester akhir kami di UUM ini sangat luar biasa sibuknya. Waktu kuliah semester ini hanya 3,5 bulan + 1 bulan final exam. Ini termasuk singkat dibanding di Indonesia. Kami harus ambil tujuh subjects. Tujuh subjects tentu sudah biasa di Indonesia, tapi sistem kredit di sini sedikit berbeda dengan di Indonesia. Hampir semua subjects, kelasnya dua kali dalam satu minggu. Penyebab sangat sibuk lainnya? Kami dapat banyak tugas di semua subjects ini. Tugasannya ada tugasan pribadi dan tugasan kelompok. Kalau semester lalu tugasan kelompok hanya satu dan dikumpul sebelum final exam, semester ini tidak! Rata-rata di setiap subjects, kami punya 3-4 bentuk tugasan kelompok dan ditambah tugasan pribadi yang juga hampir setiap pertemuan dapat tugasannya. Umumnya tugasan pribadi dan kelompok ini berbentuk laporan, mulai dari business proposal hingga bab skripsi. Jadi, kami berkutat di berbagai proposal dan laporan, hingga presentasi.

Hectic! Walaupun banyak tugas, senyum diperbanyak juga! Kami umumnya juga masih ada tanggung jawab di PPI UUM sehingga harus bisa membagi waktu untuk buat tugas dan mengurus banyak hal di komunitas pelajar Indonesia ini. Saat inilah menjadi pembelajaran dan aktualisasi manajemen diri yang efektif.

Akhir dari semester ini sangat kami -terutama saya- tunggu. Kami akan berpisah dengan UUM dan kembali menjalani perkuliahan di UNP. Semester akhir di UNP juga akan sangat sibuk dengan beberapa subjects akhir dan skripsi serta bimbingan. Senior bilang, banyak ujian kesabaran di semester akhir ini.

Teman-teman DuDe 09, semoga tahun akhir kita ini bisa kita jalani dengan baik. Semoga tidak ada yang extend. Kita ke UUM bersama dan pulang juga harus bersama dengan tidak ada yang tinggal. Kita akan belajar di satu kelas kecil yang sama lagi dan akan melalui semester akhir di UNP dengan tantangan yang berbeda. Harapan kita bersama ialah, semoga kita bisa wisuda bersama, berdelapan belas.

4 thoughts on “Tahun Akhir

    1. Aamiin
      Dan smoga ada yg lanjut master, hehe…

      Duuh, g kerasa sdh thn akhir, Ly. Dl msh unyu2, kurus2, polos2, ribut2 di MM, dll. Skrg, sdh pd gemuk2, pd berubah style (cm bbrp yg gak, trmsk akuu), hihihii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s