Posted in Me, penaku

Lepas

Alhamdulillah!

Ujian dari Allah memang punya hikmah yang luar biasa. Hikmah itulah yang menjadi pembelajaran dan evaluasi setiap manusia untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik. Tulisan ini saya ketik, mirip dengan satu tahun lalu, di jam yang lebih kurang sama, dini hari. Bedanya, kalau tahun lalu saya menuliskan dengan air mata dan emosional yang luar biasa down, tulisan ini saya tuliskan dengan tenang, lega, bahagia.

Harus saya akui kalau teman-teman Dude 09 dan senior2 Dude sudah menjerumuskan saya ke hal dahsyat ini. Ada juga beberapa orang selain Dude yang ‘ikut’ ambil bagian dalam hal ini. Maka, saya jalani hari-hari selama setahun terakhir ini dengan hal-hal yang sangat tidak bisa saya duga. Saat itu, membayangkannya saja tidak pernah, apalagi memimpikan dan terobsesi dengan kondisi-kondisi tersebut.

Beberapa jam lalu, saya kembali berdiri di mimbar itu, pada posisi yang sama seperti tahun lalu. Bedanya, kapasitas saya di saat kedua kesempatan ini tidak sama. Bagi saya, keduanya manis.

Saya tidak bisa lagi menjelaskan bagaimana tahun lalu. Semuanya ada di sini. Saya juga belum bisa tapi ingin sekali menuliskan bagaimana hari-hari saya setelah hari itu. Bagaimana kesedihan, kegelisahan, keengganan, dan hal lainnya yang membuat saya harus berubah banyak. Sejak saat itu, semua yang pernah saya pelajari selama ini, dituntut untuk diaplikasikan. Kalau dulu saya hanya bisa mengamati teman saya memimpin rapat, saat ini saya harus memimpin rapat. Kalau dulu saya hanya berpendapat di saat saya mau, setahun ini saya harus terus berbicara, pada kesempatan apapun. Semua karena tidak ada obsesi pada sesuatu itu!

Namun, sekarang harus saya amini kalau apa yang dikatakan teman-teman saya waktu itu, benar. Waktu 1 tahun hanya sebentar. Tadi ini, saya yang memberikan estafet kepemimpinan itu. Apa yang saya rasakan? Lega yang sangat! Apalagi saat bisa mengakhiri semuanya dengan manis. Kini, saya kembali seperti satu tahun lalu, menjadi orang biasa tanpa status sebagai seseorang yang memimpin organisasi.

Terima kasih kepada Muhammad Syahril Taufan Arsyad dan M. Darius Kamil, dua wakil ketua yang benar-benar bisa membuat ketuanya berdiri tegak, hehe! Terima kasih Sherly Adra dan Putri Arifah atas kesabarannya kepada saya karena saya berusaha untuk sempurna di berbagai kesekretariatan kita dan terima kasih atas lucu-lucuan dan galaknya Kak Ambarayu Kintasih Fijri.

Kepada tim departemen pendidikan dan pelatihan; Kak Devita Wulandari, Jul Aidil Fadli, dan Gefi Sioner Rahmat, terima kasih ya. Jazakallaah Imam Shirazi dan Yezi Astriana atas semangatnya di EXIST dan talaqi. Terima kasih kak Dita Utami, Cyntia Capriate, dan Ira Triwahyuni karena sudah bersedia di dept. seni dan budaya. Terima kasih juga untuk bang Indra Praditya, Rindu Nindi Noveria, dan Fhajri Arye Gemilang atas kontribusi di publikasi dan dokumentasi semua kegiatan. Terima kasih dan salut juga ke Prilly Noverina Sondria, Edho Maiyansyah, dan Theodore Praditya. Last but not least, terima kasih Yazid Fourhan Ahmad, Rizky Heykal Salaby Rasyid, dan Mustika Nurul Ainy. Rekan-rekan BPH, saya bangga dan senang sekali bisa bekerja sama dengan rekan-rekan selama satu tahun ini.

Terima kasih kepada seluruh rekan yang sudah berpartisipasi selama setahun ini, terutama senior-senior yang banyak memberikan masukan positif. Terima kasih kepada rekan-rekan pelajar Indonesia yang telah hadir di RAT 2012. Terima kasih banyak kepada bang Radhi Fabuari yg sudah menyemangati, mengarahkan, dan mempercayakan kepada saya untuk meneruskan amanah ini. Terima kasih juga kepada Bang Sunariya Utama, Bang M. Ramaditya, dan Bang Aming atas berbagai ‘bekal’ untuk saya di awal kepengurusan tahun lalu.

Alhamdulillah, saya yang saat ini diketuai, bukan lagi mengetuai. Selama beberapa waktu ke depan, kalau ada yang menghubungi saya mengenai berbagai kegiatan yang berkaitan dengan organisasi ini, saya akan dengan sangat senang hati menjelaskan dan memberikan nomor kontak pimpinan yang baru. Kalau ada pejabat yang menghubungi, saya akan dengan cepatnya meneruskan pesan ini ke ketua terpilih.

Terima kasih semuanya. Satu tahun ini sangat bermakna. Satu tahun penuh warna. Satu tahun yang berbeda!

Leave a Reply

