Posted in penaku

Manajemen Dual Degree

Ya! Dual Degree! Kalau Anda browsing dengan keyword seputar double degree atau dual degree (selanjutnya saya tulisankan DuDe) dan tiba-tiba sampai di page ini, saya akan beritahu di awal ini kalau tulisan saya ini tentang program Strata 1 (S1) Manajemen DuDe antara Universitas Negeri Padang dan Universiti Utara Malaysia. Ada apa dengan program ini?

Brosur DuDe (Dok.Pribadi)
Brosur DuDe (Dok.Pribadi)

Saya sebenarnya tidak terlalu paham bagaimana program ini bisa terbentuk dan masih berjalan hingga tahun 2013 ini. Pastinya, program ini adalah kerja sama antara Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang (FE UNP) dengan College of Business, Universiti Utara Malaysia (COB UUM). COB seperti FEnya UNP, tapi COB UUM punya lebih banyak jurusan. Jurusan yang disepakati untuk didoublekan ialah Prodi Manajemen, FE UNP dengan Business Administration, COB UUM. Saya hanya salah satu mahasiswi yang menjadi bagian dari program ini dan hampir menyelesaikannya. Jadi, semua di tulisan ini hanya apa yang saya ketahui dan yang pernah saya alami. Tulisan saya lainnya tentang DuDe bisa dilihat di sini dan di sini.

Seingat saya, beberapa dosen Fakultas Ekonomi pernah menceritakan sedikit kepada kami di kelas, di sela-sela PBM. Sebelum tahun 2006 (saya tidak ingat tahun berapanya), ada beberapa dosen FE yang berniat untuk membuat program DuDe di FE. Saya juga tidak tahu mengapa program DuDe ini ada di Prodi Manajemen, mungkin karena dosen yang berniat dan merencanakan ini adadosen-dosen Prodi Manajemen. Pada tahun 2006, FE UNP dan COB UUM menyepakati kerja sama untuk mengirimkan mahasiswa UNP ke UUM selama 3 semester. Tahun 2006, UNP mengirimkan 4 mahasiswa prodi manajemen yang lulus seleksi untuk diberangkatkan ke UUM. Tahun 2007, saat MoU sudah ditandatangani, UNP membuka secara resmi pendaftaran Prodi Manajemen program DuDe. Mahasiswa DuDe angkatan 07 dikatakan sebagai angkatan pertama. DuDe 07 dan 08 masing-masing berjumlah 30an orang –angka pastinya saya tidak tahu, saya tanya ke beberapa senior, mereka pun tidak tahu pasti –“ -. DuDe 09 (angkatan saya) ada 18 orang. DuDe 10 ada 32 orang, DuDe 11 saya tidak tahu pasti, DuDe 12 ada 12 orang. DuDe 13? Itu yang sedang dinanti, hehe.

Apa kelebihan program DuDe?

Pertama, mahasiswa DuDe bisa menikmati perkuliahan di dua negara. Walaupun tidak jauh-jauh, hanya negara tetangga, tapi pengalamannya sangat mahal, lho. Nanti akan saya jelaskan di bawah. Kedua, mahasiswa DuDe akan mendapatkan dua gelar dan dua ijazah dari dua universitas. Hal ini adalah salah satu nilai jual di persaingan dunia kerja yang semakin tinggi –bagi yang nantinya mencari kerja dan tidak membuat lapangan pekerjaan-. Jadi, gelar yang didapat adalah SE, B. Ba, Hons. Dua gelar dan ijazah ini sangat penting untuk meningkatkan bargaining position para insan DuDe, hihi. Tapi ya lagi-lagi sesuai kemampuan masing-masing lulusannya. Kelebihan lain? Tentunya bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi berbahasa Inggris.

Bagaimana cara mendaftar program DuDe?

Pendaftaran untuk angkatan 2013 adalah tanggal 22 April – 11 Juli 2013.

Tes TPA dan wawancara pada 13 Juli 2013.

Pengumuman hasil pada 15 Juli 2013. Pendaftaran ulang pada 15-19 Juli 2013.

Syaratnya: ijazah SMA/MA/SMK bisnis (3 tahun terakhir), fotokopi rapor kelas 3 yang dilegalisir bagi siswa yang telah lulus UN 2013, membayar biaya pendaftaran Rp 200.000, pas foto terbaru ukuran 3X4 sebanyak dua lembar, dan harus lulus seleksi administrasi, TPA, serta wawancara.

Pendaftaran bisa secara langsung ke Fakultas Ekonomi, UNP. Informasi lebih lanjut bisa hubungi Pak Gesit Thabrani, SE, MT 085220311955 selaku dosen prodi manajemen dan koordinator program DuDe . Anda juga bisa langsung bertanya kepada dosen prodi manajemen. Kuota hanya untuk 30 orang!

Berapa cost yang harus dikeluarkan?

Saya akan cantumkan biaya yang sesuai dengan di brosur terbaru program DuDe.

Biaya semester 1 (sudah masuk uang pembangunan, tuition fee, dll) Rp 5,300,000.

SPP semester 2 Rp 5,300,000.

SPP semester 3 Rp 3,300,000.

SPP semester 4 Rp 3,300,000 (Semester 1-4 di UNP).

SPP semester 8 Rp 3,300,000.

Biaya semester V (di UUM) RM 5,310 (kalikan dengan ringgit, RM 1 = Rp3300an. Biaya setiap semester di UUM sudah termasuk tuition fee, uang asrama, healthcare, sports, library, computer laboratory, dan student development secretariat. Biaya di awal semester sudah termasuk RM 500 sebagai bond. Bond adalah uang deposit yang saat wisuda bisa diambil kembali.

Biaya semester VI RM 3,810.

Biaya semester VII RM 3,810.

Kalau Anda pernah mendapat kabar kalau angkatan-angkatan sebelumnya membayar lebih murah, memang begitu adanya. Itu karena dulu biaya murah tersebut masuk di MoU lama. Sementara untuk tiga angkatan terakhir ini, ada sedikit kenaikan biaya.

Bagaimana sistem perkuliahannya?

Pada program ini, semester 1 hingga 4 akan dijalani di FE UNP. Semester 5-7 di UUM. Semester 8 (kelas dan skripsi) akan kembali ke FE UNP. Jadi, program ini tidak bisa ditamatkan dalam waktu 3,5 tahun seperti program reguler atau reguler mandiri. Mata kuliahnya sudah ditentukan dan dipaket di setiap semester dan harus diambil semuanya. FE UNP menyediakan kelas khusus untuk mahasiswa program DuDe. Ada 3 kelas DuDe di FE UNP yang hanya dipakai oleh mahasiswa DuDe. Perkuliahan DuDe di UNP menggunakan bahasa pengantar berupa bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Bahasa pengantar di UUM adalah bahasa Inggris dan bahasa Melayu. Untuk international students, lebih banyak mendapatkan kelas berbahasa Inggris.

Bagaimana lulusan DuDe saat ini?

Beberapa senior saya sudah ada yang bekerja di beberapa bank di Jakarta dan sekitarnya. Ada juga yang melanjutkan master di Jawa dan Malaysia. Ada juga yang langsung melanjutkan ke Ph D karena IPK di atas 3,5. Oya, UUM memberikan kesempatan kepada pelajar undergrad (S1) yang IPK di atas 3,5 untuk apply program kuliah yang langsung Ph D (S3) tapi untuk jurusan tertentu. Nah, salah stu jurusannya adalah jurusan manajemen pemasaran. Lengkapnya, bisa Anda telusuri di www.uum.edu.my.

Pengalaman di DuDe?

Banyak postingan saya sebelumnya yang menggambarkan pengalaman saya di UNP dan UUM. Saya harus akui kalau program ini sangat menarik dan sangat potensial untuk dipilih. Lagipula, program DuDe untuk S1 masih jarang di Indonesia. Beberapa program DuDe yang terkenal hanya untuk program master (S2). Kebanyakan program yang mirip adalah kelas internasional atau pertukaran pelajar tapi tidak mendapatkan dua gelar dan dua ijazah. Tentang perkuliahan sehari-hari, sebenarnya tergantung masing-masing individu, apakah rajin belajar atau sebaliknya. Mahasiswa DuDe juga harus memperluas network pertemanan karena perkuliahan tidak seperti kuliah pada umumnya yang mempunyai teman berbeda di setiap mata kuliah. DuDe hanya di satu kelas yang sama, dengan teman yang selalu sama, dan dosen yang mencari ruang kuliah kita, bukan kita yang mencari kelas dosen.

Perkuliahan di UUM? Sangat menyenangkan, penuh pengalaman dan kenangan yang tidak mudah dilupakan. Sangat banyak hal baru yang diperoleh di UUM. Selain bisa belajar di kelas, kita juga bisa belajar budaya bangsa lain, memperlancar berbahasa Inggris, aktif di berbagai organisasi olahraga, seni, akademik, dll. Hal yang tidak bisa juga dilupakan, tentunya kita bisa jalan-jalan di Malaysia dan negara lainnya. Hambatannya ada di perbedaan rasa makanan, perbedaan bahasa, dan perbedaan budaya. Kalau saya tidak bermasalah dengan perbedaan makanan. Saya malah senang karena bisa mencicipi berbagai makanan dari berbagai negara (di Malaysia, banyak jenis makanan dari berbagai negara, seperti Arab, Cina, India, Afrika, dan Asia Barat lainnya). Lagipula, makanan di sana enak-enak –atau saya yang suka makan?-. Perbedaan bahasa? Ada beberapa orang yang belum familiar dengan bahasa Melayu jadi agak kesulitan memahami perkataan orang Malaysia. Bahasa Inggrisnya juga ada beberapa perbedaan karena di Indonesia umumnya diajarkan English America semestara di Malaysia diajarkan English British. Ada banyak perbedaan dalam hal pengucapakan dan ejaan perkata. Overall, kuliah di dua negara itu penuh pengalaman ‘mahal’. Saya tidak menyesal karena sudah memilih program ini!

12 thoughts on “Manajemen Dual Degree

  1. Taun 2013 kmren si hasil seleksinya 43 org cadangan 10 org tapi kyaknya banyak yg gak daftar ulang. Uang kuliah 1 smster 7jt

  2. Kak.. Aku mau tes unp dual degree tahun ini.. Bahasa inggris aku ga terlalu bagus.. Wkt kakak dulu tes nya wawancara bahasa inggris gt ya?

    1. Hai Atika🙂
      Gak mslh klu bhsa Inggris blm trll bgs, intiny bs daily conversation yg simple. Wawancarany kykny msh blm full english. Kak dl jg gak full english slma wawancara.

  3. Baru baca postingan kakak. Paragraf terakhir itu emang bener banget, kak. Kalo dikenang lagi, rasanya Mel masih gak percaya kalo udah jadi alumni. Masih belum bisa move-on dari uum dan kebiasaan2 disana. :’) Keep it up tulisannya ya, Kak?😀

    1. Unk skrg aku gak tau pastiny gmn, kbrny UKT tp lbh mahal dr uang kuliah regular & mandiri. Uang kuliah di Malaysia trgantung kesepakatan UNP-UUM jd sdh ada angkany. Info lgkp bs ditanyakan ke FE UNP. Semoga membantu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s