Posted in Me

NAMA

Kalau anda iseng memasukkan kata kunci ‘suci amalia’ di google, maka anda akan menemukan sangat banyak tulisan dan foto tentang ‘suci amalia’. Bukan tentang saya tapi tentang banyak orang yang namanya sama dengan saya. Baik itu sama persis ‘suci amalia’ atau yang sedikit berbeda, ‘suci amelia’, ataupun yang namanya Suci Amalia bla bla (ada tambahan nama).

Nama saya adalah Suci Amalia. Amalia ya, bukan Amelia. Terlepas dari banyaknya nama Suci Amalia di Indonesia, saya tetap bersyukur dan tidak menggugat ayah tentang nama ini, hihi. Saya dulu bahkan pernah berteman dengan sesama anak karyawan Telkom yang namanya juga Suci Amalia. Bedanya, teman saya ini ada tambahan nama di belakang ‘amalia’. Ada juga dulu teman saya yang namanya Suci Amelia. Lucu? Silakan Anda tertawa😀

Namun, ada satu masalah terkait nama ini yang hingga sekarang masih saya dapati. Kalau saya dipanggil guru, saat masih sekolah hingga kuliah, saya sering dipanggil Suci AmElia, tidak Suci AmAlia. Selama saya mendaftar, mulai dari mendaftar les, mendaftar seminar atau pelatihan, mendaftar di organisasi, mendaftar kuliah, membuka rekening di bank, membuat visa, dan lainnya, banyak yang membuat nama saya Suci AmElia. Padahal, setiap saya mengisi formulir apapun dan di manapun, saya tidak pernah membuat AmElia.

Dua tahun lalu, saat akan mendaftar di UUM, pihak Double Degree FE UNP mengirimkan daftar nama kami ke UUM untuk dibuatkan offer letter. Seperti kekeliruan biasa, nama saya di offer letter: Suci AmElia. Saya tidak tahu dari mana kesalahan ini terjadi, apakah pihak DuDe FE UNP yang salah mengetikkan nama saya atau pihak UUM yang salah ketik. Untungnya, mengubah data di UUM, apalagi hanya nama, sangat mudah dan cepat. Hanya datang ke HEA dan sekali klik, selesai.

Saat membuka rekening di satu dua bank di Padang, saya juga mendapati hal yang sama dan saya langsung meminta koreksi. Terakhir, saat ke BRI Syariah, CSnya teliti dan tidak salah. Nah, sebelumnya, sekitar satu bulan lalu, saya ke kantor pajak untuk membuat NPWP perseorangan. Syarat membuat NPWP perseorangan adalah formulir yang sudah diisi, fotokopi KTP, dan surat keterangan dari kantor tempat akan atau sudah bekerja. Selagi saya menunggu antrian, saya cek kembali data saya di ketiga kertas ini. Nama saya betul ‘Suci Amalia’ di ketiganya. Saat saya di counternya, saya hanya menunggu sekitar 5 menit untuk mendapatkan surat keterangan dan kartu NPWP. Saya langsung lihat dan teliti membaca surat keterangannya dan kartu NPWP saya dan ternyata ..amElia. Salah. Saya langsung  bilang dan Ibu pegawainya langsung cek formulir dan KTP saya. Mungkin beliau ingin memastikan tentang kekeliruan ini, apa yang tertera di formulir dan KTP saya atau memang ketikan beliau yang salah. Setelah beliau sadar tentang ketidaktelitiannya, beliau langsung membuatkan surat dan kartu NPWP lagi.

Saya sampai saat ini masih bingung mengapa banyak orang yang salah menyebut dan membuatkan nama saya di berbagai sistem dan data mereka. Apa mungkin karena dulu sempat ada sinetron  dan lagu tentang anak gadis yang namanya AmElia? Alhamdulillah nama saya tidak rumit pengejaannya karena tentu anda juga pernah  menemukan kesalahan penulisan nama orang lain seperti huruf I yang harusnya Y, huruf NY yang harusnya NNY, tertulis H yang harusnya CH atau KH, dan sebagainya.

5 thoughts on “NAMA

Leave a Reply

