Posted in penaku

Pilihan

Perempuan. Sudah wisuda. Belum menikah.

Saya sekarang seperti itu. Begitu juga dengan banyak perempuan lainnya. Maka, komentar dan pertanyaan dari banyak orang, ya hampir sama.

“Apa rencananya, Ci?”

“Mumpung baru tamat kuliah, bagusnya kamu lanjut kuliah aja, kan masih panas-panasnya habis belajar..”

“Bagusnya kerja dulu, Ci. Sekarang kan lagi banyak yang buka..”

“Kerja dulu kan ya bagusnya, jadi ada pengalaman kerja kalau mau lanjut kuliah”

“Kalau perempuan, enaknya bisnis aja Ci. Lanjutin aja bisnisnya kayak dulu”

“Gak minat kuliah di luar dan dapat beasiswa? Coba apply beasiswa aja. Kan sekarang lebih banyak peluang besiswa..”

“Duuh, ribet ntar kalau udah kerja kantoran, untuk perempuan ya. Kalau udah berkeluarga malah susah bagi waktu antara kerja dan rumah”

“Belum ada yang deketin untuk ta’arufan?? Kapan nikah, Ci? Kalau kayak Ci gini, kayaknya cepet nikahnya, haha..”

Seputar kerja, lanjut kuliah, dan nikah. Beberapa Ibu bilang, baiknya saya melanjutkan kuliah dan mencoba jadi pengajar. Beberapa bapak dan Ibu lainnya juga bilang kalau sekarang sudah waktunya untuk berwirausaha. Teman sejawat, senior saya, dan lainnya berkomentar kalau lebih baik saat ini mencari pengalaman kerja dahulu sebelum melanjutkan kuliah atau berwirausaha.

Bagaimana dengan orang tua saya? Mereka hanya mengharapkan yang terbaik bagi saya. Kakak dan abang? Mereka bilang, “Semuanya bagus, tapi lihat saja mana peluang yang lebih dulu ada”. Betul juga!

Setelah wisuda lalu, saya bukannya tidak punya planning yang pasti tentang ini. Namun, ketika rencana yang sudah ada dihadapkan dengan peluang yang ada dan keduanya sama-sama baiknya. Saat orang tua mendukung apapun rencana kita tapi orang tua tetap mempunyai pertimbangan yang tidak kalah bagusnya untuk masa depan anaknya. Maka, lagi, ridho Allah terletak pada ridho orang tua.

Bismillah, selamat datang di dunia kerja.

Tempat yang tidak begitu asing bagi saya. Berapa lama saya mau dan bisa bertahan di sana? Entahlah. Pastinya, hingga kini, keinginan untuk melanjutkan kuliah di ‘luar’ tetap ada. Rencana untuk berbisnis juga akan terwujudkan kembali. Dan, mengajar serta berbagi ilmu juga sangat saya minati, walaupun saya tidak terlalu pintar. Akankah terwujud?

2 thoughts on “Pilihan

Leave a Reply

