Posted in Me

Pekerjaan

Kali ini tentang pekerjaan. Saya dan Uda (abang kandung) bekerja di perusahaan yang sama tapi tidak sekantor. Uda di Sentul, Saya di Padang. Satu dua orang yang tahu kalau kami bekerja di perusahaan yang sama, akan berkomentar kira-kira seperti ini : sama ya?? Kok bisa? Suci masuk kerja karena ‘dibantuin’ Uda ya??

Reaksi saya ya tertawa, lucu karena ada yang berpikir begitu. Lalu, singkat saya jelaskan kalau saya bisa bekerja di sana bukan karena dibantu Uda. Bagaimana bisa dibantu Uda kalau Uda saja tidak kenal dengan karyawan di Padang, hehe. Saya jelaskan ke satu dua orang yang bertanya, kalau saya dulu magang di sana, jadi ya bekerja itu kelanjutan dari magang dua tahun lalu. Saat semester akhir (skripsi), saya pun sempat masuk kantor untuk mencari data sekalian membantu karyawan seperti saat magang.

Saat saya ditanyai kantor tentang minat untuk bergabung, saya beritahu pihak manajemen kalau abang kandung saya di perusahaan yang sama jadi apa bisa saya bekerja juga di perusahaan tersebut? Manajer jelaskan kalau tidak ada masalah tentang saudara kandung juga bekerja di perusahaan yang sama, yang tidak boleh ialah suami atau istri. Saat itu saya agak lega karena setidaknya saya bisa mencoba mengikuti serangkaian tes di perusahaan tersebut. Naah, mengenai tes perekrutan. Saya juga mengikuti rangkaian tesnya, termasuk psikotes di lembaga psikologi, ini pihak ketiga lho ya, jadi tidak bisa diintervensi karena mereka profesional. Saya ikut psikotes dan alhamdulillah ada di nilai 3 yang artinya masih dapat disarankan. Ini memang tidak nilai yang terbaik karena yang tertinggi ialah 4 yaitu dapat disarankan. Kalau saja yang ada di nomor 2 atau 1, saya tidak akan bisa melanjutkan ke tes berikutnya. Itu artinya, saya tidak bisa bekerja di sana. Lagi, ini bukan karena ‘bantuan’ Uda ya, hehe..

Kini, salah satu tugas saya ialah recruiting. Kami menerima CV yang masuk, baik dari internal dan eksternal perusahaan. Siapapun yang memberikan CV, baik itu pejabat, nasabah priority atau nasabah super penting lainnya, kalau memang tidak sesuai dengan kriteria perusahaan, tidak akan diterima bekerja. Ya, memang begitu.

Yaa, segitu saja. Saya mau sharing saja pada Anda.

Oh ya, saya keliru. Uda saya sebenarnya membantu saya selama proses tes saya. Uda membantu saya dengan DOAnya, hehe..

Adios!

2 thoughts on “Pekerjaan

Leave a Reply

