Posted in penaku

LIMA BELAS

Pekan ini ada dua yang berulang tahun dan ulang tahun ke-15 ; Bank Syariah Mandiri di tanggal 2 November dan Asosiasi Pelajar Islam (ASSALAM) Sumatera Barat tanggal 27 Oktober. Tema HUT BSM tahun ini ialah Bersyukur dan Berbagi, sementara ASSALAM Sumbar ialah Pelangi Indah Dakwah Sekolah. Insan BSM memperingati hari jadinya dengan mengadakan tasyakuran dan pemberian santunan kepada anak yatim/dhuafa yang serentak diadakan se-Indonesia.

ASSALAM's pic
                            ASSALAM’s pic

Ada kesamaan pada keberadaan BSM dan ASSALAM Sumbar. BSM ada sebagai bank syariah dengan mimpi insan BSM yaitu For Noble Civilization (Untuk Peradaban Mulia). ASSALAM Sumbar dibentuk atas cita-cita mulia para pelajar Islam di Sumbar agar para pemuda dapat menjadi generasi penerus terbaik dengan pemahaman agama dan kesadaran sosial terbaiknya.

Tasyakuran Milad BSM ke-15
            Tasyakuran Milad BSM ke-15

Lima belas tahun tentu bukan waktu yang singkat bagi BSM untuk melesat menjadi bank syariah terbesar di Indonesia dan meraih sangat banyak pencapaian, penghargaan, dan pengakuan. Lima belas tahun juga tidak waktu yang cukup bagi BSM untuk berhenti belajar, memperbaiki, dan meningkatkan kualitasnya. Memang, BSM banyak mendapatkan award tapi itu tidak serta merta menggambarkan kesempurnaan BSM. Saya akui, dan mungkin di antara Anda pernah mendengar atau mendapati, bahwa BSM belum bisa menjadi yang terbaik, masih banyak complaint dan ketidakpuasan nasabah, dan lain sebagainya. Begitupun dengan bank lain. Namun, nama ‘syariah’ pada BSM memang menjadi semacam ekspektasi tertinggi bagi masyarakat, menjadi semacam kesempurnaan sistem bagi masyarakat. Maka banyak terdengar komentar masyarakat,”bank syariah, pasti bagus”, “bank syariah kok gitu siih…”, atau “sama aja kayak bank konven, gak ramah pula..”.

Tentu banyak juga masyarakat yang puas, senang, dan cinta BSM. Banyak yang tidak mau ‘meninggalkan’ BSM. Banyak juga yang loyal meskipun pelayanan yang didapatnya dari BSM tidak sebaik ekspektasinya karena mereka berpegang pada nilai syariah di BSM. Saya salut dan sangat menghargai itu. Maka, saya sampaikan kepada Anda –pembaca- bahwa insan-insan BSM masih dan akan terus bekerja keras untuk memperbaiki, ‘menambal’ yang berlubang, dan meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat, baik Muslim dan Nonmuslim, demi satu cita-cita besar; Untuk Peradaban Mulia.

ASSALAM. Organisasi ini menjadi tempat saya untuk belajar banyak hal. Saya belajar membangun kepercayaan diri, belajar mengenai administrasi organisasi, kepemimpinan, keislaman, ukhuwah islamiyah, dll. Kami belajar untuk tetap ‘bergerak’ dalam keterbatasan. Kami belajar untuk tetap ‘berbuat’ dalam ketidakpedulian. Kami ‘bekerja’ dalam ketidakpercayaan orang lain, dalam keraguan dari tidak sedikit orang. Ada yang bilang kalau anak-anak ASSALAM itu diajarkan untuk eksklusif, hanya berteman dengan sesama mereka yang berjenggot dan berjilbab lebar, dikatakan kalau anak-anak ASSALAM itu dibina untuk menjadi kader partai tertentu, hingga dituduh sebagai teroris. Berbagai prasangka negatif itu bahkan diucapkan oleh guru –yang pastinya seorang yang terdidik dan berpikiran luas- dan oleh orang berpendidikan lainnya. Saya pernah mendengar langsung dari dua orang guru yang mengajar di sekolah terkenal dan terkemuka, yang notabene sekolah terbaik, yang juga guru agama, yang mestinya dapat mencari banyak informasi sebelum berpendapat. Maka, para penggerak ASSALAM mempunyai ‘PR’ yang belum selesai, yaitu terus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik, menjadi pribadi-pribadi teladan bagi temannya, menjadi kebanggaan orang tua, guru, dan sekolahnya.

Sebaliknya, tentu ASSALAM juga mempunyai ‘penggerak’ terbaiknya. Para generasi ASSALAM banyak yang berprestasi, mendapatkan beasiswa, mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar negeri, sukses bekerja dan berwirausaha, dll. ASSALAM sangat banyak ‘memberi’ saya ruang untuk belajar dan mendapatkan indahnya ukhuwah.

Terima kasih kepada semua nasabah BSM yang telah mempercayakan dana dan pembiayaannya di BSM. Terima kasih kepada semua rekanan BSM atas kerjasama terbaiknya bersama BSM. Apresiasi dan kritikan konstruktif Anda tentu dengan senang hati akan kami terima demi kebaikan kita semua. Semoga BSM terus melesat dan mewujudkan peradaban mulia.

Terima kasih dan salut kepada para pelajar Islam yang bergabung di ASSALAM Sumbar. Teruskan proses belajarnya, kerja nyatanya, dan perjuangannya di ASSALAM Sumbar. Teruslah semangat ‘bekerja’ dan jaga selalu hablumminallah dan hablumminnaas. Semoga ASSALAM Sumbar terus menjadi organisasi Pelajar Islam terbaik dan kontributif. Aaamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s