Posted in penaku

BSP 33 For Operation

Awal September lalu, saya mengikuti Banking Staff Program (BSP) 33 for Operation. BSP adalah pelatihan dasar yang wajib diikuti pegawai –organik- baru di BSM dan BSP menjadi salah satu syarat untuk mengikuti ujian pengangkatan sebagai pegawai tetap. Sesuai namanya ‘for operation’, pelatihan ini khusus untuk orang-orang balik layar alias bagian operasional. BSP dibagi sesuai bidang pekerjaan, ada BSP khusus frontliner, BSP untuk marketing, dll. BSP for operation ini kalah sering dibanding BSP for frontliner. BSP untuk CS dan teller biasanya ada di setiap 3 bulan sekali. Kalau untuk operation akan lebih jauh rentang waktu pelaksanaannya.

20140910_203517
                               My pic

Orang-orang operasional ya siapa lagi kalau bukan pelaksana back office atau TRA –nama barunya-, pelaksana SDI –sayaa-, dan IT Coord. Kalau tahun lalu masih ada posisi loan admin, BO accounting, TSO, tahun ini mereka blockmove ke CMFO. Pada BSP 33 yang saya ikuti ini, lebih banyak BO daripada SDI, hehe. Materinya juga lebih banyak materi BO daripada pekerjaan SDI. Jadi kadang bingung sendiri🙂

BSP 33 ini diadakan di Jakarta karena peserta dari Kanwil I hanya 4 orang termasuk saya, jadi kami gabung ke wilayahnya Kanwil 2 dan Kanwil 3, hehe. Alhamdulillaah, saya mendapatkan 23 orang teman baru yang seperjuangan; 6 orang perempuan, 18 orang laki-laki. Mungkin komposisi ini mewakili pernyataan: BO atau staf operasional umumnya laki-laki. Saya dan seorang teman dari salah satu KCP di Jakarta, kami yang termuda, kelahiran tahun 92. Beberapa dari kami ada yang freshgraduated, ada juga yang sudah punya beberapa pengalaman kerja di tempat lain, serta ada yang sebelumnya sebagai pegawai dasar (outsource) di BSM dan baru menjadi pegawai organik.

Sepuluh hari bersama dengan padatnya jam belajar inclass. Pada briefing sebelum hari pertama pelatihan, Ustadz Achmad bilang kalau kami adalah angkatan yang heboh, tidak jaim seperti BSP operation dan frontliner lainnya, hehe. Sebenarnya, kami yang heboh hanya yang laki-laki, saya dan lima orang peserta perempuan tidak banyak ngelucu dan ketawa.

Kami baru merasa sedih di dua hari terakhir pelatihan. Satu dua teman mulai mengungkapkan kesedihannya karena BSP akan segera berakhir, hehe. Ya sedihnya tidak hanya karena akan berpisah dengan sesama peserta, tapi juga sedih karena akan kembali ke meja kerja dengan segala pendingan dan rutinitas, hehe. Maklum, para staf operasional memang hari-harinya di dalam kantor, tidak seperti staf marketing yang keluar masuk kantor jadi relatif tidak terlalu bosan.

Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pak –Ustadz- Achmad Syaifudin (LCD) atas perhatian, motivasi, dan ilmu yang telah dibagi untuk kami. Tentu juga terima kasih kepada Bapak Ibu pemateri yang semua luar biasa.

Kami berharap agar silaturrahim antarkami tetap terjaga, salah satunya dengan tetap berkomunikasi di BBM dan Lync. Kami berharap agar kami dapat bertemu lagi suatu hari nanti. Beberapa teman juga berharap agar dipertemukan lagi di ODP, MMDP, raker, dll, hehe. Aamiin. Semoga kami semua menjadi pribadi sukses, mulia, dan berkah.

Untuk Peradaban Mulia !😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s