Posted in penaku, Telkom Indonesia

PINDAH KERJA – Proses Seleksi Telkom

Saya pindah bendera. BSM tetap di hati meski saat ini saya tidak lagi di BSM. Sediih😦 but I’ve decided. I have another dream and I’m sure I can reach the dream if I’m at Telkom. Sangaat berat melepaskan BSM yang sejak dulu sangat saya impikan untuk bisa bergabung. Terlebih, selama 1 tahun 8 bulan ini saya mendapatkan keluarga baru di Kantor Cabang, banyak KCP, rekan kerja Cabang lain, Kanwil, dan Kantor Pusat. Duuh, I love them. Sangat berat untuk meninggalkan mereka semua dan pekerjaan yang sedang saya nikmati. Saya harus mengakui kalau saya menyukai ‘berproses’ di BSM dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Saya juga sedih karena dari banyak yang saya pelajari di BSM, jaaauuh lebih banyak yang belum saya ketahui dan pelajari. Hari-hari sibuk mengerjakan pekerjaan pokok hingga tidak sempat untuk belajar di bagian lain. Saat sedang akrabnya dan comfort dengan lingkungan kerjanya, saya memutuskan pergi. Sedih tapi itu proses baru bagi saya untuk memulai jalan baru di Telkom. Saya memang tidak bisa lagi berkontribusi di dalam, tapi saya akan tetap support dan cinta BSM sebagai nasabah🙂 .

Telkom mengadakan seleksi untuk MT gelombang 2 tahun 2015. Ada beberapa jenis rekrutasinya; web rekrut Sumatera (Medan, Padang, Palembang), web rekrut Bali, web rekrut Makassar, Web rekrut Jawa, dan job fair Unpad (CMIIW). Sistem web rekrut yaitu kita input data diri di webnya dan gunakan email aktif untuk mendapatkan notifikasinya. Saya input datanya di akhir 2013 setelah skripsi dan baru dipanggil Juni 2015! Hehe…setau saya, ini karena sejak akhir 2013 Telkom tidak mengadakan seleksi untuk web rekrut Sumatera, jadi penerimaan capeg MT saat 2013-awal 2015 kemungkinan via web rekrut yang data pesertanya di Jawa atau via campus rekrutmen (Unpad, ITB, dll).

Saya mengikuti web rekrutasi PT.Telkom Indonesia pada pertengahan Juni 2015. Saya dapat email dari Telkom bahwa berdasarkan hasil seleksi administrasi di database web rekrutasi Telkom, saya dapat mengikuti psikotes di awal Juli. Pertengahan Juni saya konfirmasi data via web dan tanggal 2 Juli –bulan ramadhan- ada aptitude test dan psikotes di Gedung Diklat Depag, dekat kantor Telkom Witel Sumbar. Ada 100an orang yang ikut tes. Pagi pukul 07.30 aptitude test ada 2 gelombang dan kami menunggu hasilnya hingga pukul 12.00. Tes ini tes logika tapi lumayan tricky. Seingat saya, di tes ini saya tidak mengisi semuanya karena kelamaan fokus ke soal-soal yang saya yakini benar jawabannya. Setelah menunggu hingga sebelum zuhur, Alhamdulillah saya lulus. Saya antara yakin dan tidak karena tidak terlalu yakin dengan jawabannya. Selanjutnya, ada psikotes pukul 13.00-17.30 ;( yang diikuti 67 orang yang lolos aptitude test dari 100an orang. Well, saat itu ramadhan dan kami mengerjakan psikotes nonstop 4 jam-an. Ini bentuk ujian dan hikmah ramadhan yang saya rasakan. Tentang bentuk soal psikotesnya, ya sama seperti psikotes pada umumnya, termasuk tes korannya yang banyaak banget. Oya, sebelum psikotes, tim rekrutmen Telkom mempresentasikan tentang alur rekrutmen dan sekilas tentang Telkom.

Besoknya, semua peserta psikotes mengikuti Focus Group Discussion (FGD). 1 kelompok terdiri dari 7-8orang. Ini FGD pertama saya, dulu saat tes di BSM dengan status rekrutmen cabang, tidak ada FGD. Nervous tapi bismillah saja. Sebelumnya, saya sudah searching tentang cerita orang-orang yang pernah ikut tes Telkom, termasuk baca-baca di Kaskus. Alhamdulillah cukup membantu untuk persiapan sebelum tes. Saya dapat topik FGD tentang salah seorang rekan kerja satu tim yang tidak fokus bekerja dan sibuk mengurusi bisnis MLMnya, maka bagaimana tanggapan dan langkah teknis mengatasinya. Ada 1 orang yang berinisiatif menjadi moderator yang juga memberikan pendapatnya. Setelah moderator membuka diskusi dan memberikan pendapatnya, saya langsung acung tangan dan menyampaikan pendapat. Setelah 5 orang berbicara, ada 2 orang yang belum acung tangan, kelihatan bingung. Moderator mempersilakan mereka berdua untuk mengemukakan pendapat, ini kode sih agar mereka ngomong supaya dapat nilai, hehe. Setelah diskusi panjang lebar, tes hari itu berakhir. 2 hari tes, saya ambil 1 hari cuti dan 1 hari izin terlambat masuk kerja hingga pukul 09.30. Alhamdulillah sejak dapat email dari Telkom, saya menyampaikan ke manager dan dibolehkan tes.

Sejak awal tes, tim rekrutmen Telkom menyampaikan kalau proses pemberitahuan lolos atau tidaknya pada setiap tahapan tes, akan disampaikan paling lama 1 bulan setelah tes. Saya deg-degan dengan hasilnya, sejak awal Juli hingga awal Agustus. Pada awal Agustus, hasilnya ada di web rekrut Telkom dan Alhamdulillah saya lolos. Ada 1 tahap tes dengan 3 tes yang harus saya lalui. Pada awal Agustus, saya mengikuti tes tulis akademik (beberapa soal essay sesuai bidang), tes TOEFL ITP (asli ini bukan prediction, hehe), dan wawancara psikolog + user, dan tes kesehatan. User ini adalah salah satu petinggi Telkom Pusat. Soal tes akademik saya kerjakan dengan galau karena tidak terlalu yakin dengan jawabannya. Tes TOEFL ITP saya agak lega di awal dan takut di akhir karena saya lupa waktu jadi hanya 50% yang saya yakin jawabannya benar. Saya fokus ke listening dan structure (karena nilainya lebih tinggi di dua ini). Saya takut kalau tidak dapat score 500 ;(. Saat wawancara, saya tenang dan senang karena bisa menjawab dengan rileks dan menyampaikan bagaimana adanya saya. Interviewer juga sepertinya senang karena senyum dan tertawa. User nya Pak Zul Martin, salah satu leader di Human Capital Telkom. Saya kira beliau akan fokus menanyakan pengalaman bekerja saya di bagian SDM (SDI di BSM) karena beliau juga bagian HC. Ternyata tidak! Setelah tahu kalau saya dulu kuliah Manajemen konsentasi marketing, beliau menyerang saya dengan berbagai pertanyaan mendasar tentang marketing dan skripsi saya, hehe. Selebihnya, pertanyaan beliau berdua tentang kepribadian saya, pengalaman kuliah double degree di UUM, pengalaman organisasi, pengalaman sales, dll. Panjang banget kalau diceritakan. Kalau ada kesempatan, saya akan ceritakan J. Keesokannya, saya mengikuti tes kesehatan di Pramita, Padang.

To Be continued…

Leave a Reply

