Posted in penaku, Rekrutmen, Telkom Indonesia

Rekrutmen Telkom Indonesia

Sebenarnya banyak tulisan di berbagai site dan Kaskus tentang proses rekrutmen Telkom Indonesia (selanjutnya ditulis Telkom), jadi Anda bisa searching dan mendapatkan info detail hingga seperti pensil apa yang harus digunakan saat tes😀. Berikut saya posting juga versi saya, semoga bermanfaat ya pals..

Bagaimana proses awal saya mendaftar Telkom? Apakah saya mengirim berkas lamaran kerja di Telkom?
Telkom ‘mencari’ calon karyawan melalui web recruitment, campus recruitment, dan job fair. Campus recruitment dan job fair ini diadakan di beberapa kampus besar seperti ITB, Unpad, dll. Saya mendaftar via web rekrutmen di www.rekrutmen.telkom.co.id. Input data diri termasuk email aktif yang selalu Anda gunakan, jadi jika suatu saat ada info dari Telkom, Anda bisa langsung emailnya. Nah, jika Anda sudah input data diri, data Anda sudah disimpan dalam database Telkom. Jika kualifikasi Anda memenuhi sesuai yang dibutuhkan Telkom, maka Anda akan dikirimi email dan diundang mengikuti tes seleksi jika Telkom mengadakan tes. FYI, saya input datanya di akhir 2013 saat saya selesai skripsi. Nothing to lose, saya hanya mengisi dan tidak terlalu berharap dipanggil karena memang tidak jelas kapan ada rekrutmen Telkom untuk wilayah Sumbar saat itu –mungkin saya saja yang tidak tahu jadwal seleksi capegnya😀. Akhirnya, pada Juni 2015, saya diemail untuk konfirmasi data dan konfirmasi kehadiran untuk mengikusi tes pertama. Mengapa lama sekali saya dipanggilnya? Saya kurang tahu pasti, tapi mungkin karena Telkom tidak mengadakan rekrutasi via web recruitment sejak akhir 2013 hingga pertengahan 2015, mungkin saat itu hanya campus recruitment di beberapa kampus besar. Nyatanya, memang ada rekrutmen karyawan baru tahun 2013-2015.

Bagaimana proses rekrutasi saya?
Pada pertengahan 2015, Telkom mengadakan seleksi via web recruitment di Sumatera (Medan, Padang, Palembang), beberapa kota besar di pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Makassar. Telkom juga mengadakan campus recruitment dan job fair Unpad.

Pertengahan Juni 2015, saya dikirimi email yang menyatakan kalau saya berhak mengikuti seleksi calon karyawan MT Telkom. Saya harus mengisi data konfirmasi keikutsertaan di web tsb. Setelah 2 minggu, saya kembali mendapatkan email tentang undangan mengikuti tes tahap awal dan link untuk mengunduh kartu peserta ujian. Ada 300an orang yang diundang mengikuti tes.

20150701_181009

20150701_180847

02 Juli 2015, bulan Ramadhan, saya mengikuti tes pertama yaitu aptitude test di Aula Balai Diklat Depag Sumbar yang dekat Telkom Witel Sumbar, yang diikuti oleh 100an orang. Ini tes logika, biasa tesnya. Tes dimulai pukul 07.30 selama 1 jam, CMIIW. Pertanyaannya tidak banyak tapi menjebak, seperti tes-tes logika lainnya. Hasil tes bisa diumumkan puku 12.00. Pada tes ini, hanya 67 orang yang lulus dan berhak mengikuti psikotes.

02 Juli 2015 pukul 13.00. Psikotes di tempat yang sama, dari pukul 13.30-17.30. Sangat menguras kesabaran dan ketelitian.

20150701_180748

03 Juli 2015, 67 orang kemaren mengikuti FGD (Focus Group Discussion). 1 kelompok terdiri dari 6-7 orang, dinilai oleh 1 orang HR Telkom dan 1 orang psikolog (pihak ketiga). Temanya ringan dan tidak terlalu sulit dibahas. Beberapa tema sudah pernah dishare di blog lain dan di Kaskus.

Pekan pertama Agustus 2015. Tes selanjutnya: tes tulis bidang (MnB, Akt, Hk, TE, TI, dll), TOEFL ITP, wawancara user, dan tes kesehatan. Tes ini dilaksanakan selama 2 hari. Saat itu saya tes tulis, TOEFL, dan wawancara di hari Kamis, tes kesehatan hari Sabtu. Pada tes ini, HC Telkom menyampaikan kalau hasil tes akan diumumkan di pertengahan atau akhir September.

02 Oktober 2015. Akhirnya hasil tes tahap akhir keseluruhan rekrutmen Telkom se-Indonesia sudah dipost di web rekrutasi. Ada 291 orang yang lulus selindo, yang diikuti oleh 280 orang. 11 orang lagi tidak tahu ke mana, hehe. Kami diemail oleh Telkom mengenai informasi kelulusan ini dan info persiapan mengikuti OS (Orientasi Sarjana) ke-2 di tahun 2015. Sebelumnya, pada Januari 2015, sudah ada angkatan OS 1 2015. Pada email, diinfokan mengenai jadwal pelatihan dan OJT, serta diinfokan mengenai pakaian dan perlengkapan yang harus kami bawa selama mengikuti pelatihan.

Jurusan apa saja yang diterima? Persyaratan usia?
Ekonomi manajemen bisnis, akuntansi, Teknik, komunikasi, Hukum, Psikologi. Lengkapnya, Anda dapat kepo­-in di web rekrutmen.telkom.co.id. Usia untuk freshgraduate maksimal 24 tahun, S2 maksimal usia 27 tahun. Namun tidak ada salahnya Anda mencoba input data, ikhtiar kan😉

Lama waktu seleksinya akan berbeda di setiap rekrutasi dan di setiap tempat. Seperti saat saya kemaren, peserta rekrutmen Sumatera harus menunggu hampir 1 bulan hingga proses campus recruitment selesai.

9 thoughts on “Rekrutmen Telkom Indonesia

    1. Iya diminta sertifikat TOEFL ITP, tp wkt itu klu gak ada gpp krn mmg ada tes TOEFL ITP dlm rangkaian tes rekrutmenny. Nah sebaikny skrg dipersiapkn dl sertifikat TOEFLny yg msh berlaku yaa😉

  1. Siang kak Suci, salam kenal. Kak kemarin waktu apply Telkom milih lokasi tes di Padang ya kak ? Apa semua tesnya di lakukan di Padang atau ada yang diluar kota kak ?

    1. Hai, salam kenal
      Tahun lalu sistem rekrutasinya website sesuai domisili, jadi karena saya input data domisili Padang jd dipanggil tes di Padang. Saat itu ada tes di bbrp kota se-Indo, klu di Sumatera ada Padang, Medan, dan Palembang. Tesnya semua di Padang.

      Klu rekrutmen tahun ini sptny berbeda, sistemnya online tdk spt saya thn lalu.

      Kamu ikut tes yg skrg kah?
      Semoga membantu menjawab prtanyaanny🙂

    1. Hai, Akbar
      unk program MT (skrg namanya GPTP) setahu saya tdk menerima lulusan D4, nah tidak tahu ke depan bgmn, bs jd diterima. Saran saya, tetap coba mendaftarkan diri scr online di webnya, yg penting kita usahakan dl🙂

Leave a Reply

