Posted in penaku

Kerja

Kali ini tentang pekerjaan lagi. Pada postingan beberapa bulan lalu, saya menuliskan tentang saya dan abang kandung saya bekerja di perusahaan yang sama. Kami memang sama-sama di BSM tapi berbeda kota, berbeda regional, berbeda sistem rekrutmen, dan saya bekerja di BSM bukan karena bantuan Abang saya.

Ini tentang pekerjaan saya sekarang, di Telkom. Banyak teman yang tahu kalau Ayah saya dulu bekerja di Telkom. Ayah sudah pensiun selama hampir 5 (lima) tahun. Saat saya mengikuti serangkaian tes di Telkom, beberapa orang berpikir kalau saya pasti lolos karena Ayah saya pernah di Telkom jadi saya bisa ‘dibantu’ untuk lulus. Pada banyak orang, saya berusaha meyakinkan kalau Ayah sebagai pensiunan tidak bisa ‘mengusahakan’ kelulusan saya di Telkom, pun kalau Ayah masih bekerja. Ada yang masih tidak percaya, ya sudahlah, yang penting saya sudah menjelaskan. Ayah juga sudah bilang ke saya kalau Ayah tidak akan ‘mengusahakan’ lolosnya saya di Telkom. Namun, satu yang pasti, Ayah mendoakan saya dan berharap saya lolos Telkom, meneruskan jejak Ayah🙂 .

Pertanyaannya, apakah anak karyawan atau pensiunan Telkom mutlak akan lolos dan diterima di jalur MT Telkom? Sepengetahuan saya, saat saya mengikuti rangkaian tes (lokasi tes Padang, semua peserta via web rekrutmen), ada 2 (dua) orang anak karyawan yang ikut dan 1 (satu) orang anak pensiunan, nah yang 1 orang ini saya. Apakah 3 orang ini lulus? Tidak. Hanya 1 (satu) orang anak karyawan dan saya yang lulus. Ini membuktikan kalau status pekerjaan orang tua tidak menjamin kelulusan di Telkom. So, kemampuan, keyakinan, ikhtiar, doa diri sendiri dan orang tua, serta kehendak Allah yang menentukan🙂 .

Leave a Reply

