Posted in penaku

OJT 2

Akhirnya 2 bulan OJT 1 selesai. Kami, 15 orang tim OJT Witel Banten akan meninggalkan Serang. Senang? Tentu, karena kami telah melalui satu lagi tahapan sebelum menjadi pegawai tetap. Sedih? Harus diakui, ada sedihnya, karena kami pasti akan merindukan Witel Banten dan Serang, dengan segala suka duka di sana. Setelah sibuk membuat dan deg-degan menunggu presentasi laporan, akhirnya di akhir pekan ketiga bulan Januari, kami lega karena telah selesai mempresentasikan laporan OJT. Kami makin senang karena di pekan ketiga, Witel Banten mengadakan workshop kerja di Lembang, Bandung. Kami diajak dan diminta ikut membantu sedikit persiapan dan pelaksanaan acara.

1 Februari, semua peserta OS 2 2015 280 orang diminta datang ke Corpu Bandung untuk mendapatkan pengarahan, motivasi, dan pengumuman penugasan OJT 2. Kami galau, menebak, dan harus siap dengan segala kemungkinan. Sejak awal, kami dipahamkan bahwa Telkom selalu dinamis, informasi dan ketetapan bisa saja berbeda dengan ‘gosip’ atau kejadian sebelumnya. Kami berkumpul di Indigo Hall. Setelah arahan pihak HC dan Corpu serta motivasi dari Direktur HC (Pak Herdy Harman), keesokan harinya diinfokan penugasan OJT 2. Beberapa minggu sebelumnya, kami sibuk membicarakan kemungkinan penugasan, hehe. Nah, gabungan tebakan kami + ‘gosip’+ doa kami + info dari mentor, dapat dirumuskan beberapa kemungkinan, hehe…: penugasan OJT 2 tidak hanya disebar di Jawa, tapi ke beberapa pulau. Penugasan ke TRegional masing-masing sesuai lokasi tes. Penugasan bisa jadi kembali ke lokasi penugasan OJT 1. Naah, begitu kira-kira, haha..

Satu-persatu nama kami disebutkan. Mengejutkan, ada beberapa teman (laki-laki dan perempuan) yang ditugaskan ke Kalimantan, beberapa ke Makassar, Jawa, dan Sumatera. Banyak yang kembali ke daerah asal, banyak yang ditugaskan jaauuh dari daerah asal dan daerah tes, serta ada yang ditugaskan di divisi dan direktorat kantor pusat. Banyak orang Medan, Padang, dan Palembang yang ditugaskan ke Medan, jadi mereka bisa pulang kampong beberapa hari sebelum mulai tugas. Ada satu dua yang sedih ditugaskan ke daerah asal karena ingin merantau dulu. Saya termasuk yang agak berharap ditempatkan di Medan, jadi lebih dekat kalau mau ke Padang, hehe. Ternyataa, saya ditugaskan ke DES (Divisi Enterprise Service) yang kantornya di Menara Multimedia, Telkom Kebon Sirih. Setelah dilihat-lihat, rekan-rekan saya yang berasal dari Sumatera, ditugaskan ke Regional Medan kecuali jurusan akuntansi dan manajemen bisnis.

Saya dan teman mulai searching kost. Setelah lapor OJT di Graha Merah Putih (GMP) Gatsu hari Jumat, kami dibagi lagi ke dua divisi lain: government service dan business service. Saya di business service, kantornya di Telkom DBS Slipi, seberang Central Park. Kami ada 15 orang, dibagi lagi ke beberapa segmen bisnis. Saya ditugaskan di Manufacturing business. Sekarang saya belajar tentang bisnis Telkom yang lebih detail dan besar. Wish me luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s