Posted in penaku, Telkom Indonesia

Tentang Tes MT Telkom: Telkom Way

Semangat Pagi!

Beberapa hari terakhir saya tidak buka blog, tidak ada postingan, tidak ada comment blog. Saya sedang ‘merangkak’ di ‘dunia’ baru OJT 2: Segmen Manufacturing Business di Telkom S. Parman, Slipi. Barusan saya buka blog dan melihat grafik pengunjung, ternyata grafiknya naik –walaupun masih sedikit yang suka ngomment-, hehee…

Beberapa pengunjung ‘tersesat’ di blog saya karena googling seputar tes Telkom, keywordnya: Tes Telkom Way, Menjawab Soal Telkom Way, dll. So, mumpung sedang tidak terlalu sibuk, saya nulis.

Tahapan tes MT Telkom tahun 2016 ini sangat berbeda dari tes selama ini. Batch 1 ini pertama kalinya Telkom mengadakan beberapa tes secara online. Penamaan tahapan tes juga beragam. Saya tidak terlalu tahu detailnya. Ada yang namanya tes pengetahuan umum, tes Telkom Way. Dua pekan terakhir, banyak teman yang tanya ke saya tentang bagaimana tesnya, tapi saya tidak tahu, termasuk sebagian besar karyawan. Hanya Allah dan tim rekrut yang tahu, hehe..

Setelah tanya ke satu dua teman yang sudah ikut tesnya, ternyata tes Telkom Way bukan tentang profil perusahaan dan budaya Telkom tapi tentang kepribadian dan pendapat kita tentang hal-hal umum. Hehe…awalnya saya bingung juga, rasanya kecil kemungkinan soal tesnya tentang info detail perusahaan.

Kata teman yang ikut tes, pertanyaannya seputar pandangan kita tentang hal-hal umum. Namanya juga tes, tentu ada penilaian. Nah, Telkom tentu mencari orang yang sama atau minimal mendekati dengan kriteria perusahaan. Jadi, kriteria seperti apa yang dicari Telkom? Bukan kapasitas saya untuk menjelaskan, lagipula saya bukan di Human Capital, hehe..

Begini, Telkom saat ini sedang ‘berlari’ untuk mencapai target 2016 dan target jangka panjang yaitu 2020. Telkom sedang gencar dengan istilah ‘Disruptive’ dengan artian positif dalam bisnis. Contoh sederhananya: OTT Whatsapp, Line, dll membuat kita sangat jarang bahkan tidak lagi menggunakan SMS untuk berkirim pesan. Naah, begitu kira-kira🙂 . Telkom Group saat ini sudah punya footprint di 10 negara. Telkom Group saat ini terus membangun jaringan dan infrastruktur dari Sabang-Merauke untuk cita-cita bangsa: Indonesia Digital. Telkom Group saat ini punya sangat banyak bisnis dan property. Telkom beberapa tahun terakhir kekurangan sangaat banyak karyawan karena sangaat banyak yang pensiun sementara beberapa tahun lalu Telkom sempat stop rekrut karyawan. Direktur HCM Telkom mengatakan bahwa Telkom beberapa tahun ini sedang ‘ganti darah’. Sangat banyak yang sudah waktunya pensiun dan sangat banyak ‘darah muda’ yang dibutuhkan Telkom.

Naah, begitu kira-kira gambarannya, Anda bisa memperkirakan arah pertanyaan untuk tes Telkom Way.

Good luck! Jangan lupa minta doa orang tua dan keluarga, minta ke Allah, dan jujur saat tes😉

 

Leave a Reply

