Posted in penaku

Belajar

Belajar itu menyenangkan bagi kita yang ingin mendapatkan ilmu dan pembelajaran baru. Belajar juga menjadikan kita dinamis, bergerak, dan ‘sehat’. Cara belajar tentu berbeda bagi tiap orang, ritme berbeda, dan hasil juga akan berbeda.

Tempat baru, lingkungan baru. Siapapun butuh waktu untuk beradaptasi dengan suatu hal baru. Saya ingat saat dulu baru bekerja. Lulus kuliah, mengikuti serangkaian tes, menunggu hasil, hingga akhirnya diterima bekerja di BSM KC Padang. Walaupun tahun sebelumnya saya pernah magang di sana, saya tetap perlu beradaptasi dengan atmosfer kerja yang sebenarnya, tidak hanya sekadar magang. Saya belajar mengenal, menghafal, dan memahami semua rekan kerja, terlebih karena saya di bidang SDI (Sumber Daya Insani). Saya harus full attention dengan semua hal yang ada dan terjadi di kantor, termasuk semua kebutuhan karyawan. Contohnya, saya harus hafal plat 8 mobil dinas kantor. Saya harus tahu teknis operasional, harus kenal semua vendor pengadaan kebutuhan kantor. Saya harus tahu di mana beli barang yang murah tapi bagus. Saya harus tahu dan kenal karyawan Kanwil dan Kantor Pusat untuk pengurusan banyak hal. Semua, saya harus belajar dan paham. Berapa lama saya belajar? Tidak satu dua minggu, tapi hingga sebelum resign pun saya juga belajar karena selalu ada hal baru yang harus kami tingkatkan.

Beberapa bulan terakhir, saya juga belajar hal baru di tempat yang berbeda. Mengikuti 1 bulan kegiatan intensif: pelatihan mental spiritual, pelatihan kepemimpinan, dan pengenalan perusahaan. Setelahnya, saya mengikuti On The Job Training (OJT). Harus mengenal perusahaan, budaya perusahaan, dll. Sangat banyak. Apalagi bagi saya yang belum pernah bersentuhan dengan bidang teknik dan telekomunikasi.

Saya ditugaskan di segmen Manufacturing Business. Buta, saya tidak tahu. Hanya 1 kuncinya, belajar. Belajar mengenal. Saya harus tahu dan belajar tentang smart building, VPN IP, access control, dan sangat banyak istilah lainnya yang saya belum kuasai.

Kali ini, saya ditugaskan di Sekretariat Divisi Business Service. Sebagai sekretaris kah? Tidak. Pekerjaan mirip beberapa tugas saya di BSM dulu; kontrol, supervisi, dll. Belajar? Tentu, sangat banyak yang harus dipelajari, apalagi secara teknis.

Belajar, kapanpun, di manapun, dari siapapun. Semangat!

Leave a Reply

