Posted in penaku

APRIL 2016

Bulan April ini, bagi saya adalah bulan dengan berbagai kegiatan. Saat acara  penyerahan SK Penempatan KDMP tanggal 01 April 2016 di Bandung, kami diinfokan kalau wajib lapor ke HCBP terkait hari Rabu, 6 April 2015. Sontak kami langsung gaduh karena diberi waktu libur 2 hari kerja; Senin dan Selasa. Saya langsung memikirkan PULANG KE PADANG!

Padang
Jumat sore, saya langsung beli tiket di salah satu situs penjualan tiket. Saya beli tiket Jakarta-Padang Sabtu sore dan tiket Padang-Jakarta Selasa siang. Lumayan, dapat tiket murah karena tidak hari libur nasional. Sabtu pagi, saya naik kereta api Argo Parahyangan Bandung-Jakarta. Siangnya saya beres-beres barang dan mencuci pakaian. Sorenya saya ke Bandara HLP (Halim Perdana Kusuma) di Jaktim. Pertama kali ke Halim dan pertama kali naik Batik Air. Kesan pertama tentang Batik Air: nyaman, asyik.

Sabtu malam, saya sampai di Padang. Ternyata Ibu ikut menjemput saya ke BIM (Bandara Internasional Minangkabau). Saat melewati pasar Lubuk Buaya, Ayah langsung menepikan mobil dan Ibu menawari sate Mega ke saya. Anda yang orang Tabing dan sekitarnya tentu tahu tentang Sate Mega yang terkenal dan enak itu🙂

Malam, kami bertiga bercerita panjaang di rumah. Saya cerita ke Ibu tentang pengalaman selama bintal dan inclass. Saya cerita tentang kehidupan 2 bulan di Serang dan 2 bulan terakhir di Jakarta. Saya senang karena bisa pulang sebentar, tidur di kamar, nonton tv di ruang tengah, dan pastinya sangat senang bisa berkumpul kembali dengan Ayah Ibu.

Minggu pagi yang rencananya mau ke GOR untuk senam pagi, tidak jadi karena saya masih letih dan godaan kamar tidur yang sudah lama ditinggalkan ini membuat saya masih ingin tetap tiduran di kamar. Hari Minggu saya di rumah, bersama Ibu ke penjahit, creambath di salon dekat rumah, dan ke warung beli es krim. Kembali makan ayam goreng masakan Ibu juga hal yang sangaaat membahagiakan.

Senin pagi, kami jalan-jalan ke pantai dan sarapan di tempat Katupek Pitalah, Purus, yang dulu tempat saya sering beli minas sebelum ke kantor. Siangnya, saya bertemu Ami sabahat saya dan ke BSM! BSM! ya, kantor dulu. Betapa rindunya saya pada teman kantor dan kantornya. Saya ke sana dan heboh! Bertemu Bapak Ibu, Kakak abang, dan dua orang adik cantik di kantor. Saking senangnya, saya lupa foto-foto dengan semua. Saya kembali bisa melihat kantor, melepas rindu dengan rekan kerja, masuk pantry, sholat di musholla kantor, melihat tampilan aplikasi chat Lync saya yang hari itu sudah offline selama 157 hari, dan kembali mencoba alat presensi finger print yang ternyata sidik jari saya masih bisa dideteksi! Saya bertemu hampir semua, walaupun beberapa teman masih di lapangan dan belum kembali ke kantor, walaupun ada satu dua kakak yang sedang cuti melahirkan.

Saya tidak tahu pasti kapan bisa ke KC Padang lagi saat hari kerja jadi saya bisa bertemu rekan kerja lama seperti ini. Ingin menuliskan nama semua rekan BSM di sini, ooh sangaat banyak. Rinduu….sangat rinduuu! Dan sedikit terobati. Alhamdulillaah.

Sorenya, saya janjian bertemu Dewi, Mega, dan Rini. Sayang, Rini tidak bisa ikut karena harus mengajar. Dewi dan Mega yang sudah pulang kerja bisa bertemu saya. Kami bertiga ke rumah Ami, menjenguk papa Ami.

Selasa, saya di rumah saja karena siangnya akan kembali ke Jakarta. Sedih karena akan meninggalkan ayah ibu, rumah, dan belum sempat pulang kampong ke Bukittinggi. Saya harus kembali menghadapai kehidupan Jakarta dan pekerjaan demi mengabdi ke perusahaan.

Ancol
Rabu, 6 April 2016, kami melapor di Graha Merah Putih, Kantor Pusat Telkom. Setelah mendapatkan pengarahan dan foto untuk nametag, kami 16 orang penempatan di DBS langsung diminta ke kantor DBS di Slipi untuk mendapatkan pengarahan tentang acara yang harus kami ikuti. Ada acara AM Summit di Ancol. Acara ini adalah acara sambutan dan apresiasi untuk AM (Account Manager) Telkom Group se-Indonesia. Jadi, tidak hanya AM Telkom, tapi juga AM di seluruh anak perusahaan. Acaranya dari Kamis, 7 April hingga Sabtu, 9 April 2016. Kami, 16 orang, ditugaskan sebagai panitia bersama rekan kerja lainnya. Capek juga, tapi dapat pengalaman baru. Saat lelah, saya ingat kamar kost walaupun kami menginap di hotel dan cottage yang tentu lebih oke daripada kost.

IMG-20160406-WA0041
Tim Protokoler by Pak Budi

Kost
Sabtu dan Minggu akhirnya bisa istirahat lebih lama di kost. Dua hari ini juga, saya sempat keliling di sekitaran jalan Gelong Baru (Utara, Barat, Dalam, dan lainnya saya lupa) dan jalan Mandala Utara untuk mencari kost. Sebenarnya kalau teruus ke arah belakang masih banyak kost di jalan Mandala Raya, Mandala Barat, Mandala TImur, Tawakkal, dan jalan yang bisa sampai Roxy, tapi saya maunya yang lebih dekat ke kantor jadi tidak jalan terlalu jauh. Hari Sabtu sudah lihat beberapa, hasilnya tidak ada yang cocok dari segi bentuk kamar, fasilitas, kebersihan, kenyamanan, dan tentunya harga, hehe. Hari Minggu saat pergi liqo’, saya melewati jalan Mandala Raya seperti biasa karena saya sudah beberapa kali lewat jalan ini. Iseng lihat kanan kiri, eh tiba-tiba di sebelah kanan saya melihat rumah berpagar tinggi dengan tulisan “KOST WANITA LU***”. Melihat tulisan KOST WANITA itu membuat mata dan pikiran saya langsung bereaksi ingin segera melihat ke dalam. Dilihat dari luar, sepertinya kost ini agak mahal di atas budget saya 1.5juta/bulan. Well, di sekitar Tomang ini kalau mau hanya jalan ke kantor, bulanan kost rata-rata 1.5juta/bulan kalau mau kamar dan fasilitas lumayan seperti AC, WC dalam, cuci pakaian. Ada yang di bawah 1juta tapi masuk ke dalam gang kecil (tidak bisa masuk dilewati mobil), umumnya WC luar kamar, nonAC. Saya sangaat penasaran melihat KOST WANITA ini karena ini khusus wanita! Sebelumnya saat beberapa kali keliling, saya dapat kesimpulan kalau mau kost dekat kantor –jadi bisa jalan-, nyaman, fasilitas lumayan (AC, WC dalam, cuci pakaian), dan harga rata-rata 1.5juta, umumnya kost seperti ini campur (pria wanita). Hingga beberapa hari lalu saya menemani teman mencari kost yang tempatnya lebih jauh dari kost saya, bulanannya 1.4juta di luar listrik (listrik pakai token) dan ini kost campur (pria wanita). Naah, saya seperti mendapat secercah harapan saat melihat tulisan KOST WANITA LU*** ini. Kalau dipikir-pikir, kenapa ya saya baru tahu ada kost ini padahal saya beberapa kali –walaupun tidak sering- melewati jalan ini. Saya tertawa sendiri saat menyadari kalau saya masih agak lengah karena saat beberapa kali melewat jalan itu, saya tidak melihat ke kiri tapi fokus ke kanan jalan karena saya belok kanan kalau akan ke kost lama.

Minggu siang, saya ke kost tersebut. Fasilitas sangat oke, lebih dari yang saya cari. Harga? Worth it sesuai fasilitasnya. Terakhir, saya berpikir tentang jaraknya ke kantor, sewa bulanannya dibanding kost lain yang fasilitasnya mirip, kenyamanan di dalam tempat kost dan lingkungan sekitar, serta seperti apa pemilik dan penjaga kost. Setelah mengingat, menimbang, dan memutuskan, hehe….akhirnya saya pilih kost ini. Pindahan di Minggu sore. Semoga berkah, doakan ya temans🙂

Makan Bersama Tim BPP
Senin, saya efektif bergabung di tim business performance. Pekerjaan kami seputar data-data business performing. ‘Makanan harian’nya excel dan powerpoint. Saya mulai sering mendengar revenue, scaling, churn, EBITDA, dll. Oke, belajar. Ketemu angka lagi –yang dulu saya hindari-, membuat berbagai data di slide powerpoint –yang saya dari dulu saya selalu membuat slide yang very simple tapi sekarang harus menarik dan many icons-. Belajar!

_DSC7452.JPG
Tim Business Performance Minus Manager

Pada pekan kedua April ini, tim BPP mengadakan makan siang di luar kantor. Ini yang pertama bagi saya walaupun satu bulan terakhir OJT saya ditugaskan di BPP bagian sekretariat divisi. Makan siang ini selain sebagai agenda rutin bulanan –seperti yang direncanakan senior leader-, juga dalam rangka syukuran ulang tahun 2 orang karyawan. SL kami dalam arahan singkatnya setelah makan siang menyampaikan selamat bergabung kepada saya. Appreciate it, Sir.

Gerak Jalan HUT Yakes
Akhir pekan, kami, beberapa orang Gen Y di DBS, ditugaskan sebagai wakil DBS mengikuti Gerak Jalan Sehat dalam rangka HUT Yakes di Bandung. Jumat malam kami ke Bandung walaupun juga sedang ditugaskan untuk mempersiapkan RAPIM DBS. Kami sampai di NEXA Hotel Bandung hampir dini hari, dibekali seragam, topi, dan sepatu lalu tidur beberapa jam sebelum paginya harus semangat mengikuti Gerak Jalan Sehat yang dinilai per-tim. FYI, NEXA Hotel lumayan oke, apalagi karena NEXA Hotel masih ‘saudaraan’ dengan Ammerra Hotel di Corpu. Yap, NEXA Hotel juga bagian dari bisnis Telkom Property.

IMG-20160416-WA0012
Tim DBS, DES, dan DGS

Kami membawa pulang beberapa doorprizes. Kami kelelahan jadi tidak menunggu hingga pengumuman doorprizes utama dan pengumuman pemenang Gerak Jalan.

Nikah Sepupu
Akhir pekan, Ayah Ibu saya datang dari Padang ke Jakarta untuk menghadiri nikah dan resepsi sepupu saya dari Om In (adik ayah). Ayah Ibu ke Jakarta hari Jumat sore sementara saya harus ke Bandung hari Jumat malam hingga Sabtu siang mengikuti Gerak Jalan.

Senang sekali bisa kembali bertemu ayah ibu. Senang juga karena bisa berkumpul dengan keluarga besar dari pihak ayah. Saat ini kali pertama saya melihat Ayah berkumpul dengan hampir semua saudara Ayah, 7 orang dari 9 orang (1 sudah meninggal, 1 tante di Bukittinggi tidak bisa hadir). Senaaang melihat mereka semua mirip, hehe.

17 April, Bang Aulia menikah, barakallaah. Semoga Kak Nisa segera menyusul. Semoga abang saya, Uda Isat, segera menyusul juga, aamiin.

RAPIM DBS Q2 2016
Selanjutnya, ada RAPIM (Rapat Pimpinan) di divisi saya yang diadakan setiap triwulan. RAPIM quartal 2 ini diadakan pada 18 s/d 19 April 2016 di Jambuluwuk, Ciawi. Acara ini menggabungkan 4R Telkom: OlahRasio, OlahRuh, OlahRasa, dan OlahRaga. Kami, 16 orang, kembali ditugaskan sebagai panitia bersama karyawan lainnya. Senaang, dapat pengalaman baru.

Hari Kartini
21 April. Ada arahan dari HC kepada seluruh insan Telkom untuk menggunakan pakaian daerah masing-masing pada 21 April ini. Karyawan di DBS juga mempersiapkan yang terbaik untuk hari Kamis itu. Ada tim segmen yang seluruh anggotanya menggunakan pakaian daerah masing-masing, ada yang seragam memakai batik, kebaya, dll. Kami di DBS melombakan tim terbaik, pasangan perwakilan segmen yang terbaik, dan terfavorit. Acara sore itu berlangsung meriah. Kami berkumpul dengan keceriaan di sela-sela kesibukan pekerjaan di pertengahan bulan. Kami di BPP mengadakan makan bersama yang juga dihadiri EGM.

IMG-20160421-WA0113
Ibu-Ibu BPP (minus 2 orang)

Jalan-Jalan Bersama Ayah Ibu
Akhir pekan lalu sangat menyenangkan. Ayah Ibu masih di Jakarta. Uda juga ke Jakarta. Kami berempat berkumpul di penginapan Ayah Ibu di daerah Tanah Abang. Sabtu pagi, saya, Ibu, dan ditemani Uda, kami ke Thamcit, tentunya belanja. Tidak banyak belanjaan kami karena Ibu dan Ayah juga sudah belanja minggu sebelumnya, hehe. Saya juga sedang tidak terlalu minat mencari baju. Jadinya kami hanya membeli 1 kebaya saya, 1 kain bawahan motif Ibu, baju batik saya dan Ibu, dan 1 jilbab Ibu. Uda, seperti biasa, jarang mau belanja pakaian jadi hanya menemani kami. Sabtu siang, kami istirahat. Saya tidak ingin banyak jalan ke luar. Saya ingin di penginapan saja jadi bisa bermanja-manja dengan ayah ibu. Ya, saya masih seperti anak-anak. Sabtu malam, kami keliling dan makan malam di luar.

Minggu pagi, ayah, ibu, dan uda jalan pagi di CFD ke bundaran HI. Pukul 11an, kami sudah sampai di Sentul untuk mengurus suatu keperluan penting. Siangnya, kami berkeliling di Bogor. Sore, Uda kembali mengantar kami ke Jakarta. Malamnya sesudah isya, uda mengantar saya ke kost sekalian kembali ke Sentul. Kami berpisah dengan ayah ibu. Sedih, saya masih ingin bersama ayah ibu. Entah mengapa, saya mudah rindu dan ingin selalu didekat ayah ibu, tidak seperti saat kuliah di Kedah dulu. Kalau dulu, saya tidak serindu ini.

Bagaimanapun, saya bersyukur bisa bersama Ayah Ibu selama 2 kali akhir pekan terakhir. Semoga esok, saat ayah ibu ke Jakarta lagi, kita bisa berkumpul di rumah Uda atau di rumah saya, aamiin.

 

 

 

2 thoughts on “APRIL 2016

Leave a Reply

