Posted in penaku

OJT 2 DAN PENEMPATAN

Holaa!

Sudah lama tidak menulis lagi dan posting di sini. Semoga masih ada yang mau baca dan ‘meninggalkan jejak’ yaa😉

Masih seputar rangkaian proses menjadi karyawan tetap di Telkom. Pada beberapa postingan sebelumnya, saya shared tentang proses rekrutmen hingga OJT 2. OJT 1 selama 2 bulan, OJT 2 seharusnya 3 bulan tapi di angkatan saya ini dipersingkat menjadi 2 bulan saja. Jadi, prosesnya:

1 bulan pembinaan mental, spiritual, dan inclass training.
2 bulan OJT di Witel (Wilayah Telekomunikasi) – kantor Telkom di Ibukota provinsi-
2 bulan OJT bidang (umumnya ditempatkan di kantor regional, kantor divisi, dan kantor direktorat pusat). OJT 1 cakupan pembelajarannya lebih umum karena trainee diajarkan segala hal teknis di berbagai bidang, OJT 2 lebih fokus ke bidang sesuai jurusan kuliah trainee.

OJT 2 yang harusnya Februari hingga akhir April 2016, jadinya hanya sampai akhir Maret 2016. Kami, 279 orang (280 dikurangi 1 orang mengundurkan diri) dipanggil ke Corporate University (Corpu) Bandung untuk menerima SK Penempatan KDMP (Karyawan Dalam Masa Percobaan) dan pengarahan dari Dirut serta pihak HCM (Human Capital Management). Acara pemberian SK ini berbarengan dengan wisuda Purnabakti dan penyambutan peserta GPTP (Great People Training Program) Telkom dan GPTP Telkomsel. Jadi, ada 1 angkatan baru Telkom dan 1 angkatan baru Telkomsel. Ramaaai sekali di Corpu!

1459266957740
15 Orang OJT DBS, OS 2 2015

 

Perjalanan ke Bandung
Beberapa hari sebelum ke Bandung, kami OJT DBS masih berkutat membuat tugas dari EGM DBS, Pak Yusron Hariyadi. Kami dibagi menjadi 2 kelompok dan ditugaskan membuat inovasi produk dan layanan DBS. Tugas tersebut dipresentasikan di hadapan EGM, DEGM, dan SL (Senior Leader) terkait. Alhamdulillah semuanya lancar walaupun kami masih banyak kekurangan secara konten. Kamis pagi, 31 Maret 2016, beberapa dari kami janjian berangkat ke Bandung bersama, naik kereta Argo Parahyangan.

 

Telkom Corporate University (TCU)
Kamis siang, TCU sudah ramai. Banyak Bapak Ibu purnabakti, kami OS 2 2015, GPTP Telkomsel yang juga akan menerima SK, ada trainee baru lulusan GPTP Telkom dan GPTP Telkomsel yang sedang mengikuti serangkaian kegiatan pembinaan. Sesampai di TCU, saya langsung check in di Ammeerra Hotel. Ini hotelnya Telkom Group yang dikelola Telkom Property. Hotel ini ada di dalam kompleks TCU selain ada penginapan Widyaloka. Ammeerra sudah ramai dan penuh oleh para panitia dan peserta Wisuda Purnabakti. Alhamdulillah, saya bisa dapat kamar di Ammeerra karena Ika dan Teka gercep booked Ammerraa dari minggu sebelumnya, hehe…Kami bertiga di kamar 416. Minggu sebelumnya, kami bertiga sepakat untuk nginap di Ammerra karena ingin mengulang cerita lama sekamar bertiga selama 3 minggu inclass bulan November 2015 lalu. Maunya sih kali ini dapat kamar 414 seperti dulu tapi dapatnya 416, hehe.

Sore, kami semua mengikuti GR dan diselingi salah satu –dari banyaaak- yel-yel kami saat training dulu. Yel-yel ini sepertinya akan terus kami ingat –hanya kami 280 orang dan Tuhan yang tahu kenapanya😀 -. Intinya, bikin semangat.

 

Tentang SK Penempatan KDMP (Capeg)
Saya penasaran akan ditempatkan di mana. Jumat pagi akan ada rangkaian acara penyambutan peserta baru GPTP Telkom dan Telkomsel serta ada penyerahan SK secara simbolis. Jumat siang ada penyerahan SK penempatan KDMP. Jumat malam ada wisuda purnabakti. Nah, acara yang paling ditunggu adalah Jumat siang. Namun, ternyata saat Jumat pagi acara dengan CEO Telkom Group Pak AJS dan BOD, panitia acara menyelipkan tampilan slide kota penempatan kami, 279 orang. Waah…semua pada siap-siap kamera untuk memfoto slide besar di panggung. Saya deg-degan menunggu urutan nama S. teman-teman heboh melihat deretan nama dan kota. Slide-slide berganti daaan…sampailah di urutan S. akhirnya saya lihat tulisan: Suci Amalia Jakarta!

Sebagian dari kami, kembali ke kota tempat OJT 2. Banyak juga yang berbeda kota dari OJT 2. Ketegangan saya lumayan berkurang setelah tahu kota penempatan. Oke, Jakarta. Saya yang dari dulu berharap tidak akan hidup di Jakarta, ternyata ditempatkan di Jakarta. Tidak apa, Allah Maha Tahu.

Jumat siang, waktu yang paling ditunggu. Kami dikumpulkan di Aula IDEC untuk menerima SK Penempatan KDMP. Satu-persatu dipanggil ke depan untuk disebutkan dan diberikan SK. Saya feeling akan ditempatkan lagi di DBS. Ternyata benar, karena sudah dikasih ‘kabar’ sih, hehe. Ada yang tetap di kantor yang sama, ada yang beda kantor dalam kota yang sama, ada juga yang berbeda kota. Kami dipencar dari Aceh hingga Papua. Kami ditugaskan dari Witel hingga direktorat Head Office. Ada yang senang, ada yang biasa, juga sedih.

Tiba giliran saya. Setelah SK di tangan, saya buka dan ternyata saya di BPP (Business Planning and Performance). Hanya saya yang di BPP. Teman lainnya di segmen sales, satu orang di legal karena memang background hukum.

Now, 3 minggu di BPP. Masih belajar karena banyaak hal yang harus dikerjakan dan tentunya harus dipelajari. Semua rekan kerja di BPP sangat baik, Alhamdulillah.

5 thoughts on “OJT 2 DAN PENEMPATAN

  1. Saya Yang dari dulu berharap tidak akan hidup di jakarta, ternyata di tempatkan di jakarta. Tidak apa. Alloh maha tau😀

  2. Slmt siang kak Suci Amalia. Apakah boleh saya minta alamat emai? Saat ini saya sedang mengikuti GPTP batch VI dan saya sangat memerlukan informasi dari kakak. Terima kasih kak. Salam

    1. Tmn2 yg dipencar ke Papua, gak domisili Papua. Tmn2 yg ke Sulawesi, mmg org Sulawesi tp gak semua yg fixed di daerah msg2. Ada yg beda provinsi dr tmpt asal, ada yg sm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s