Posted in penaku

Info Lainnya Seputar Rekrutmen Telkom

Trafik kunjungan ke blog ini meningkat. Banyak yang ‘nyasar’ ke sini karena searching tentang informasi rekrutmen dan tes Telkom. Yap, tiga bulan terakhir Telkom memang sedang mengadakan seleksi GPTP (Great People Training Program) yang kalau di perusahaan lain namanya MT (management trainee). Beberapa pengunjung ‘nyasar’ ke sini karena keywordnya seputar proses seleksi Telkom, di samping pengunjung lainnya yang mencari topik selain Telkom.

Beberapa orang juga mengirim email ke gmail saya dan bertanya seputar proses seleksi Telkom. Beberapa pertanyaan yang akhir-akhir ini ditanyai ke saya:

Apakah ijazah ditahan Telkom? Kalau iya, berapa lama?
Selama ini, ijazah tidak ditahan Telkom. Namun saya tidak bisa memastikan bagaimana ke depannya, bisa jadi suatu saat hal ini berubah. Kepastiannya pasti akan diinfokan via email jika Anda lolos tes tahap akhir dan akan ditekankan saat tes tahap akhir, khususnya di wawancara akhir.

Apakah ada sistem denda di Telkom? Berapa lama dan berapa nominalnya?
Ada. Jika Anda lulus, sudah menandatangani surat pernyataan, dan mengikuti tahapan training GPTP Telkom, maka Anda harus mengikuti semua kebijakan rekrutmen hingga menjadi karyawan tetap. Anda mengikuti training selama 1 bulan (lama training tergantung kebijakan HCM Telkom) dan berstatus trainee. Anda belum dikenakan denda dalam 1 bulan tersebut. Setelah training, dilanjutkan ke tahap OJT. Pada tahap OJT ini, sudah mulai berlaku denda (kebijakan bisa berubah). Nominalnya masih kecil –dibandingkan pada bulan selanjutnya-, jutaan rupiah. Setelah beberapa tahapan OJT selama 5 bulan, Anda akan menerima SK Capeg (calon karyawan). Nominal denda akan lebih besar daripada saat OJT. Jadi jika Anda ingin keluar, sebaiknya sebelum berstatus Capeg, hehe. Setelah tiga bulan capeg, Anda akan diberikan SK Pengangkatan Karyawan Tetap (Kartap) jika lulus melewati ujian presentasi dan tes lainnya (tambahan ini kondisional). Nah, denda akan semakin banyak sampai 24 bulan ke depan (hitungannya sejak Capeg kalau di angkatan saya dan angkatan-angkatan sebelumnya).

Adakah ikatan dinas?
Ada, 2 tahun sejak diangkat menjadi Karyawan Tetap. Jadi nominal dendanya semakin banyak sampai bulan ke-24 sejak diangkat menjadi pegawai tetap.

 Apakah dendanya benar-benar berlaku kalau kita resign?
Saya tidak bisa menjawab ini secara pasti dan lebih terbuka. Anda akan mendapatkan jawabannya jika telah masuk dan telah menjalani hari-hari sebagai karyawan, hehe….Gambaran saja, ada teman kantor saya yang telah bekerja lebih dari 1 tahun dan masa ikatan dinasnya belum habis, dia resign karena lolos diterima bekerja di suatu badan pemerintah. Setelah mengurus segala kelengkapan administrasi dari dan ke kantor barunya tersebut, dia harus membayar denda ratusan juta. Ada beberapa orang lainnya di waktu dan alasan yang berbeda, mereka membayar denda karena keluar dalam masa ikatan dinas. Pembayarannya nyata! Hehe…jadi sistem denda memang ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s