Posted in penaku

Flazz

Kali ini tentang Flazz. Saya baru tahu tentang kartu Flazz ini pada akhir tahun lalu, telat siih. Ya jelas saya tidak tahu karena di Padang –saat itu- belum ada transportasi umum yang menggunakan Flazz. Saya tahu Flazz karena sudah merantau ke Jakarta. *eh kabarnya Trans Padang awal tahun 2016 bekerja sama dengan BRI untuk pembayaran menggunakan Brizzi.

Cari-Cari
Setelah diberitahu seorang kakak tentang kegunaan Flazz, saya langsung googling tentang Flazz. Telat banget sih, saya akhirnya punya Flazz di Januari 2016, hihi. Ada banyak bank yang sudah mengeluarkan jenis produk ini. Kegunaannya sama seperti uang cash yaitu untuk pembayaran di mana saja asalkan ada reader atau EDCnya. Kegunaan untuk mobilitas harian, bisa untuk pembayaran KRL, tol, TransJakarta, dan di semua Trans di beberapa kota besar. Maksimal saldonya juga rata-rata sama, maksimal 1 juta. Tidak seperti rekening tabungan yang ada bunga atau bagi hasil, Flazz ini bukan tabungan, jadi tidak ada biaya administrasi bulanan dan tidak ada bunga atau bagi hasil dari bank. Kepemilikannya juga sama, semua Flazz dapat dipindahtangankan karena sifatnya ibarat uang tapi berwujud kartu. Jadi kalau Flazz kita hilang, ini dapat digunakan orang lain karena penggunaannya tidak menggunakan pin atau jenis pengamanan transaksi lain, ibarat uang yang hilang dan bisa digunakan orang lain untuk belanja.

Banyak Jenis
Jenis Flazz juga berbeda. Tiap bank punya semacam co-branding nya gitu, jadi bank bekerja sama dengan merchant tertentu dan membuat program diskon dll. Ada yang bekerja sama dengan Indomaret, Alfamart, Gramedia, dan banyak merchant lain. Saya memilih jenis Flazz apa yang saya butuhkan.

Punya Saya
Setelah baca-baca, akhirnya saya memilih Flazz BCA. BCA punya beberapa jenis co-branding Flazznya. Pilihan saya ialah Flazz BCA Kompas Gramedia. Saya melakukan registrasi di Gramedia dan langsung menggunakannya untuk belanja di Gramedia. Keuntungan Flazz BCA Kompas Gramedia ini, saya mendapatkan poin setiap berbelanja di Gramedia dan mendapatkan diskon 10% untuk pembelian buku terbitan Gramedia. Lumayan, hehe..

WhatsApp Image 2016-10-02 at 10.13.37 PM.jpeg

Nah, Flazz ini bisa langsung digunakan untuk naik TransJakarta (dan Trans lainnya di beberapa kota besar), dan pembayaran toll. Pada pembayaran tiket KRL: sebelum tab masuk di stasiun, cari dulu mesin tab yang tersedia (atau bisa di counter), tab Flazz, ada tampilan saldo Flazz, dan kartu dapat digunakan untuk tab masuk KRL. Asyiknya lagi Flazz BCA ini, di satu dua tempat ada diskon kalau membayar dengan Flazz BCA. Saya tidak tahu di mana saja, tapi yang jelas di HopHop (seperti postingan sebelumnya), hehee..

Top up bisa dilakukan di counter TransJakarta di setiap shelternya atau di Gramedia. Kalau tidak salah, saya pernah baca kalau bisa juga di Es Teler 77 dan beberapa tempat lainnya.

Kalau kamu belum tahu tentang Flazz, silakeun googling 😉

Leave a Reply

