Posted in penaku

APEL KESIAPAN KERJA 2017

Pada tanggal 9 Januari lalu, ada agenda rutin awal tahun perusahaan yaitu Apel Kesiapan Kerja 2017. Apel ini diadakan di dua kantor Pusat (Bandung dan Jakarta), Kantor Regional, dan beberapa kantor Wilayah. Saya dan rekan-rekan Gen-Y mendapat tugas mengikuti di Bandung. 

Kalau Anda berpikir ini Apel kerja biasa seperti apel pada umumnya ; upacara, formal, seragam, khidmat, nah di kantor saya tidak sama sekali. I mean, di perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Telkom Group (Telkom dan anak perusahaan), melaksanakan Apel Kesiapan Kerja secara berbeda, setidaknya selama 2 tahun terakhir kalau kata rekan kerja saya yang senior. Tahun ini ialah Apel Kesiapan Kerja saya di Kantor Pusat yang pertama kali. Tahun 2016 lalu, saya ikut Apel Kesiapan Kerja saat masih OJT di Witel Serang. Saat itu, di Kantor Pusat pelaksanaan Apelnya sudah antimainstream seperti sekarang, namun di Witel Serang masih seperti upacara biasa dengan pakaian kaos IndiHome, ditambahkan dengan yel-yel panjaang, hehe..

Beberapa perbedaan pada Apel tahun ini ;
Pakaian Pembina, pelaksana, dan peserta Apel? Kaos polo shirt warna-warni (warna sesuai unit kerja)

Sepatu yang digunakan ? Pantofel. Eh sorry, bukan. Sepatu kets atau sport.

Jilbab atau gaya rambut ? Jilbab warnanya bebas, gaya bebas asalkan casual dan rapi. Rambut tidak gondrong, rapi.

Acara saat Apel ? Speech dari Pembina (di Bandung oleh Dirut), ada nyanyi, yel-yel, atraksi, selebrasi digital, launching program, pencanangan komitmen 2017 berupa atraksi setiap unit, foto wefie peserta apel.

20170109_093001

Nah, di Telkom secara umum ada 9 unit kerja sesuai bidangnya. Pada Apel Telkom Group di Bandung, saya dan teman-teman yang termasuk unit Enterprise, ikut juga untuk perform pada pencanangan komitmen 2017. Ketentuannya ialah pencanangan komitmen harus dengan performance unit, boleh dance, menyanyi, dll. Ternyata semua unit sudah mempersiapkan performance dengan semenarik dan semeriah mungkin.

Unit Enterprise punya 3 magic words di 2017 : digital, young, dan fun. Nah, pola performance kami ialah ada tim kecil pertama yaitu Digital yang akan ngedance dengan tampilan dan gaya yang tegas. Ada tim ke-2 yaitu Young akan ngedance gaya anak muda, dan tim ke-3 Fun akan ngedance dengan happy, fun, ceria, dan warna-warni karena ada pita sebagai property dancersnya. Setelah 3 tim ini perform masing-masing maksimal 1 menit, lalu akan ada rekan-rekan lainnya yang ikut bergabung untuk flashmob. Setelah selesai dance, para senior leader akan meneriakkan yel-yel yang harus kami jawab dengan teriakan –lagi-. Unit lain ada yang lebih kreatif lagi. Ada beberapa orang yang dijadikan maskot dan berpakaian khusus seperti pakaian adat daerah, kostum superhero, dll.

Acara lainnya yaitu simbolis tercapainya target Telkom Group 2016 berupa lollipop dan pelepasan gelang 2016. Peserta juga mendapatkan TCash 2017 dengan logo target 2017. Terakhir sebelum acara ditutup oleh paduan suara Telkom, ada wefie bersama Dirut, jajaran direksi dan SL, serta semua peserta. Waah, gak masuk semua di kamera sih ini, hehe..

20170109_094312.jpg

Overall, Apel Kesiapan Kerja 2017 ini antimainstream dan sangat menarik. Walaupun capek, tidak masalah karena menyenangkan. Semoga 2017 ini kita semua lebih baik. Aamiin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s