Posted in penaku

Kartu Pegawai = e-money

Ceritanya, karyawan BUMN dapat kartu karyawan baru, katanya ini kartu sakti BUMN (satu dari banyaak beritanya bisa dilihat di sini). Sesuai sinergi Kementrian BUMN dan para BUMN nya, ini diaaa….kartu karyawan sayaa

20170606_160932.jpg
Wajahnya gak penting jadi ditutupin ya

Berhubung payroll gaji saya di Mandiri, so saya dapat kartu karyawan yang juga berfungsi sebagai e-money Mandiri. Rekan kerja lainnya yang payrollnya di BNI, kartu karyawannya sekaligus berfungsi sebagai Tap Cash BNI. Begitupun yang payroll di BRI dan BTN.

Sebelumnya, saya sudah punya Flazz nya BCA walaupun saya bukan nasabah BCA. Nah, tadinya saya belum berencana menambah e-money dan sejenisnya karena sejauh ini beberapa pembayaran saya gunakan si Flazz ini. Sempat tertarik punya e-money Mandiri yang kartunya bisa custom, tertarik yang customnya persis KTP, tapi ya belum penting juga jadi saya lupakan. Nah, waktu ada kabar kalau kartu pegawai akan diganti dengan kartu sakti, oke tunggu ini saja.

Proses cetak dan distribusinya memakan waktu beberapa bulan, jadilah saya baru dapat kartu ini bulan lalu. Tampilan belakangnya seperti ini (nomor pentingnya saya tutupi)

20170708_212335.jpg
Ada nomor-nomor yang saya tutupi

Baru dua hari terakhir saya nge-test e-moneynya karena memang tidak mendesak untuk digunakan. Toh, saya tidak menggunakan e-toll dan dan tidak sering naik Trans Jakarta, apalagi saldonya nol, hehe. Nah, akhirnya saya coba mengisi saldo e-money ini untuk pertama kalinya via Mandiri Online di HP. Jadi saya tidak perlu aktivasi atau mengisi saldo pertama kalinya ini di ATM atau Bank Mandiri dll. Cukup isi saldo pertama kali di HP, tanpa perlu aktivasi.

Caranya? Yaa mungkin kamu sudah tahu caranya, temans.

Pertama, pastikan HP mu sudah ada NFC. NFC (Near Field Communication) ini intinya ialah koneksi jarak pendek dengan menempelkan dua perangkat. Nah, ini sangat memudahkan untuk kita yang tidak sempat dan ‘malas’ ke ATM untuk top up saldo, atau untuk jenis pembayaran lainnya.

Kedua, pastikan juga kamu sudah download Mandiri Online di HP yang ada NFCnya. Tampilan depannya seperti ini *tentunya kamu sudah tahu

Screenshot_20170708-211900.png
Sudah pada tahu la ya iniii

Ketiga, log in (tentunya sudah mendaftar internet banking Mandiri) dan buka menu e-money. Setelah berhasil log in dan kelihatan saldo tabungan, hehe, klik tanda menu di kiri atas, lalu klik e-money.

Screenshot_20170708-211934.png
Klik yang e-money

Setelah klik e-money, maka ada tampilan e-money dengan tiga submenu : lihat/perbarui saldo, isi ulang e-money, dan atur daftar kartu e-money. Klik submenu ‘lihat/perbarui saldo’ dan pastikan NFC sudah aktif. Pada Android, NFC ada di setting – connection – NFC and payment atau langsung di icon atas layar lalu diswipe dan ada icon NFC. Nah, kalau NFC sudah aktif dan submenu ‘lihat/perbarui saldo’ sudah diklik, langsung tempelkan e-money di bagian belakang HP. Hasilnyaa..muncul informasi saldo e-money di layar HP

Screenshot_20170708-211947.png
Klik ‘Lihat / Perbarui Saldo’

Screenshot_20170708-212059.png

Keduanya bisa connected  walaupun HPmu ada hardcase atau softcasenya. Ini juga bisa connected walaupun kartunya ada di dompet seperti di bawah ini

20170708_215547.jpg

Oke, jadi inilah salah satu kegunaan kartu karyawan yang baru. Infonya sih ada beberapa manfaat lainnya di kartu ini. Let’s see

 

2 thoughts on “Kartu Pegawai = e-money

Leave a Reply

