Perubahan

Ada ungkapan : Tiada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri.

Benar ya, selalu ada perubahan dalam kehidupan kita. Pagi ke sore, muda ke tua, sakit ke sehat, dan sebagainya.

Termasuk di dunia kerja. Mutasi, promosi, hingga transformasi organisasi di perusahaan. Karyawan tentu harus Bersiap sedia menerima segala perubahan organisasi yang tentu sudah dipikirkan oleh top leader agar tetap menjaga kesejahteraan karyawan dan perusahaan.

Inilah yang dialami Telkom. Telkom terus berbenah dengan melakukan berbagai perubahan. Kalau dilihat dari perjalanan Telkom dari awal berdiri sampai sekarang, Telkom memang banyak melakukan perubahan, menyesuaikan kondisi, opportunity, dan tantangan bisnis.

Transformasi perusahaan di tahun 2023 ini, memang tidak semua lini Telkom yang mengalami. Saya & rekan kerja termasuk yang harus mengikuti transformasi ini. Divisi tempat saya bekerja selama 6.5 tahun terakhir harus dileburkan ke unit lain. Kami sekitar 200an orang harus disebar ke beberapa unit untuk memperkuat tim. Divisi dan unit lain juga harus mengikuti perubahan ini. Bagi kami, hal ini adalah perubahan yang luar biasa. Menerima SK baru, berganti lokasi kerja, berpisah dengan rekan kerja, dan bertemu rekan kerja baru. Ada yang pindah bersama rekan kerja lainnya, ada yang sendiri di unit barunya. Ada yang seolah tidak merasakan perubahan, ada yang merasa seperti menjadi anak baru di loker (lokasi kerja) baru.

Saya termasuk yang merasakan perubahan ini. Bayangkan, kita pindah ke kantor di lokasi lain, ke unit lain, dan masuk ke tim lain yang belum kita kenali. Hanya 7 orang yang pindah ke divisi yang sama dengan saya, inipun kami dipecah ke berbagai sub unit. Kami harus bisa cepat beradaptasi dengan tim baru & jobdescp baru. Walaupun satu perusahaan, tentu banyak hal yang berbeda di tiap tim.

Sedangkan teman lainnya ada yang 30 orang pindah ke unit yang baru dibentuk. Ada juga 35 orang pindah divisi lain tapi masih satu unit atau satu tim. Tentu proses adaptasi mereka akan lebih smooth dibandingkan 1 orang pindah ke unit yang sudah settled.

Apapun itu, kami sebagai karyawan sudah ‘ditanamkan’ dari awal tentang berbagai value perusahaan, salah satunya adalah agile dan adaptif. Harus cepat mengikuti perubahan dan beradaptasi dengan hal baru. Terlihat simple tapi tidak mudah saat memulainya.

Kantor Lama
Divisi Business Service (DBS), Tomang.
Kantor Baru
Divisi Government Service (DGS), Kebon Sirih.

Leave a comment