Keliling di IIBF

Link short video recap di sini

Alhamdulillah, setelah sepekan selesai IBF 2023, ada IIBF (Indonesia International Book Fair) 2023 di ICE BSD. Jaauh yaa untuk saya yang pergi harus bawa anak-anak, tapi kami usahakan pergi ke IIBF karena mungkin saja ini IIBF terakhir selama tinggal di Depok.

Alhamdulillah, pergi pagi dari Depok, sampai di ICE BSD jam 10. Ternyata di ICE sedang ada beberapa pameran yang berbeda. IIBF diadakan di Hall A ICE, hall paling ujung yang di belakang hotel Santika. Kalau kamu bawa kendaraan, pastikan kamu parkir di dekat hall tujuan kamu yaa..

Saat kami sampai, belum terlalu ramai yang penuh banget gitu. Kami bisa menikmati berkeliling melihat berbagai booth. Beberapa booth yang kami lihat : Mandira, Mizan, Alkindi, Sakeena (karena Nahda mau ketemu Bundami lagi :D), booth dari Malaysia, Grolier, dll saya lupa yang lainnya.

Saya tidak mau terlalu lama di sini walaupun inginnya sih berlama-lama. Ada Ayah Ibu yang saya khawatirkan capek, ada Nahda & Nabila yang mungkin mudah bosan. Jadi setelah sekitar 1.5 jam, kami memutuskan ke AEON BSD untuk makan siang 😀

Fasilitas
Pertama kali ke ICE BSD saat ada acara kantor di awal tahun 2017. Ada acara AM Summit dan saya beserta teman kantor menjadi panitia dari divisi kami. Kami menginap di hotel Santika ICE BSD jadi tinggal jalan ke belakang hotel karena memang sangat dekat. Saat itu sangat banyak orang jadi saya tidak terlalu memperhatikan fasilitas di ICE BSD seperti kondisi toilet dll. Lagipula, kalau kami lapar atau mau sholat, bisa langsung ke kamar hotel.

Saat ke IIBF kali ini, saya coba lihat beberapa toiletnya, apakah cukup bersih atau tidak, lagipula saya membawa Nahda yang masih harus dipastikan kebersihan sanitary nya. Alhamdulillah, dari sekian banyak toilet ICE BSD yang menyebar di beberapa hall, ada yang bersih. Ada juga yang agak kotor & seperti tersumbat gitu, pas di hall tempat IIBF diadakan. Yaa mungkin karena saking banyaknya orang.

Lalu untuk parkir tersedia sangat luas. Jadi better kamu memastikan kendaraanmu parkir di posisi yang terdekat dengan hall tujuanmu agar tidak repot jalan jauh.

Sedangkan untuk kemudahan membawa stroller atau kursi roda, sepertinya cukup baik karena tersedia lift dari parkiran ke hall, meskipun harus sedikit memutar masuk ke dalam gedung. Saat itu saya membaca stroller dan bertemu dengan pengunjung lain yang menggunakan kursi roda. Saya tidak tahu kalau kondisinya sangat ramai, apakah akan menyulitkan karena harus mengantri lift atau tidak.

Kalau dilihat di Instagramnya ICE BSD, ada mushollanya juga di sini, tapi saya tidak sempat mencari. Lalu kalau kamu mau jajan, ada stand F&B di depan setiap hall yang diadakan event. Ada beberapa jenis minuman dan makanan plus ada kursi dan meja untuk makan. Jadi bisa jajan meski harganya mungkin agak pricey untuk beberapa orang. Better kamu setidaknya membawa air mineral :D.

Nah, katanya juga ada convenient store semacam Indo & Alfa, sekilas saya lihat ada Alfa di lantai paling bawah dekat parkiran, tapi saya tidak lihat Indo, mungkin di lokasi lain.

Tersedia juga beberapa ATM dari 3 or 4 bank.

Overall, oke lah ICE BSD, apalagi memang sering diadakan event di sini. Semoga event sejenis book fair selalu diminati Masyarakat.
Semoga minat baca Masyarakat semakin meningkat.
Semoga event book fair rutin Kembali diadakan di Padang, jadi nanti saat pindah ke Padang, saya bisa ajak anak-anak.

Leave a comment